PERUBAHAN KONSEPTUAL FISIKA DENGAN AUTHENTIC PROBLEM MELALUI INTEGRATIVE LEARNING PADA TOPIK GERAK LURUS PADA SMA SURYABUANA MALANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan pembelajaran Fisika pada tingkat SMA diarahkan untuk menguasai konsep dan melatihkan kerja ilmiah
atau scientific approach siswa yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis perubahan konseptual siswa setelah melalui pembelajaran authentic problem melalui integrative
learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method. Desain penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah embedded experimental design. Data kualitatif yang berupa pelaksanaan pembelajaran
diambil melalui observasi langsung dan disajikan secara deskriptif. Data kuantitatif yang berupa nilai perubahan
konseptual siswa diambil melalui tes penguasaan konsep dan dianalisis melalui uji paired t-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perubahan konseptual pada siswa setelah dilakukan pembelajaran Authentic
problem melalui Integrative Learning. 2) Pembelajaran authentic problem melalui integrative learning yang
diterapkan pada penelitian ini memiliki ciri : “ siswa memecahkan masalah otentik melalui diskusi dan
praktikum; evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi diri sendiri, evaluasi teman dan evaluasi guru“.
ÂÂ
Kata Kunci: Perubahan Konseptual, Integrative Learning, Authentic Problem
atau scientific approach siswa yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis perubahan konseptual siswa setelah melalui pembelajaran authentic problem melalui integrative
learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method. Desain penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah embedded experimental design. Data kualitatif yang berupa pelaksanaan pembelajaran
diambil melalui observasi langsung dan disajikan secara deskriptif. Data kuantitatif yang berupa nilai perubahan
konseptual siswa diambil melalui tes penguasaan konsep dan dianalisis melalui uji paired t-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perubahan konseptual pada siswa setelah dilakukan pembelajaran Authentic
problem melalui Integrative Learning. 2) Pembelajaran authentic problem melalui integrative learning yang
diterapkan pada penelitian ini memiliki ciri : “ siswa memecahkan masalah otentik melalui diskusi dan
praktikum; evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi diri sendiri, evaluasi teman dan evaluasi guru“.
ÂÂ
Kata Kunci: Perubahan Konseptual, Integrative Learning, Authentic Problem
Article Details
How to Cite
Hudha, M. N., Yuliati, L., & Sutopo, S. (2016). PERUBAHAN KONSEPTUAL FISIKA DENGAN AUTHENTIC PROBLEM MELALUI INTEGRATIVE LEARNING PADA TOPIK GERAK LURUS PADA SMA SURYABUANA MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 733–743. https://doi.org/10.21067/jip.v6i1.1078
Section
Articles
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â