ANALISIS PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP PENGUASAAN SKILL SISWA DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA DI SMK NU BULULAWANG MALANG
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Prakerin merupakan pola pembelajaran dengan mendekatkan kesesuaian mutu tamatan dengan kemampuan kerja, pembelajaran iniberlangsung di dua tempat (di sekolah dan di industri). Di sekolah, para siswa diajarkan teori dan praktik, sedangkan di industri siswa dituntut mempraktikkannya. Dengan proses belajar seperti ini, siswa SMK akan memperoleh pengalaman yang sangat berharga dalam hal soft skillsseperti kedisiplinan, kemampuan berkomunikasi, kejujuran, etos kerja yang tinggi, kreatifitas, kepemilikan jiwa entrepreneurship, dan kemampuan bekerjasama sebagai bekal memasuki bursa kerja; serta kompetensi teknis siswa (hard skill) dapat mengalami peningkatan saat siswa kembali belajar di sekolah.Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh pelaksanan Praktik Kerja Industri terhadap penguasaan skill dalam menghadapi dunia kerja di SMK Nahdlatul Ulama Bululawang Kabupaten Malang. Penelitian termasuk penelitian korelasional untuk mencari pengaruh antara 2 (dua) variabel. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan rancangan penelitian survei. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII yang tersebar pada bidang studi akuntansi, administrasi perkantoran, dan teknik kendaraan ringan berjumlah 62 siswa.Teknik pengumpulan data berupa angket, yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya.Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Analisis Regresi linier sederhana dengan berbatuan SPSS 20.0 for windows.Hasil pengujian hipotesis diketahui besarnya thitung (5,866) > ttabel (2,036) dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak (Ha diterima) dengan demikian dapat dinyatakan bahwa variabel prakerin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel penguasaan skill siswa dalam menghadapi dunia kerja.Nilai koefisien Determinasi (R Square) sebesar 0,364 memiliki makna bahwa prakerin memberikan kontribusi sebesar 36,4% terhadap perubahan penguasaan skill siswa dalam menghadapi dunia kerja, dengan kata lain sisanya sebesar 63,6% perubahan penguasaan skill siswa dalam menghadapi dunia kerja ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Prakerin, Penguasaan Skills
Abstract
Prakerin is learning patterns closer conformity with the quality of the graduates with the ability to work, learning takes place in two places (at school and in the industry). In school, students are taught the theory and practice, while the students are required to practice in the industry. With this kind of learning process, vocational students will gain invaluable experience in terms of soft skills such as discipline, communication skills, honesty, high work ethic, creativity, ownership entrepreneurial spirit, and ability to cooperate as a preparation to enter the labor market; as well as the technical competence of students (hard skills) can be increased when students return to school. The purpose of the conduct of studies to analyze the influence of the Prakerin tomastery skill in dealing with the world of work in SMK NU Bululawang Malang. Research including correlational research for influence between the two (2) variables. This study uses quantitative data with survey research design. The sample was all students of Class XII scattered on the field of study of accounting, administrative offices, and engineering light vehicles totaled 62 students. Data collection techniques in the form of a questionnaire, previously tested the validity and reliability. The data analysis technique used is simple linear regression analysis test with SPSS 20.0 for windows. Results of testing the hypothesis in mind the magnitude of t count (5.866)> t table (2,036) and the Sig. 0.000 <0.05 then Ho is rejected (Ha accepted) can thus be stated that prakerin variables have a significant effect on the variable student skill mastery in dealing with the world of work. The coefficient of determination (R Square) of 0.364 has a meaning that prakerin contributed 36.4% to changes in student skill mastery in dealing with the world of work, in other words, the balance of 63.6% change in students' mastery of skills in dealing with the world of work is determined by variable others were not examined.
Keywords: Prakerin, Mastery SkillsArticle Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â