EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAMMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT WAYANG SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN DESAIN DAN PRODUKSI KRIA KULIT SMK NEGERI PACITAN

Main Article Content

Sarwono Sarwono

Abstract

Abstrak

Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan membuat wayang melalui  Pembelajaran Explicit Instruction kelas XII Paket Keahlian Desain dan Produksi Kria Kulit SMK Negeri Pacitan, di semester gasal Tahun pelajaran 2014/2015. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru; dan (2) Mengetahui kemampuan siswa dalam membuat wayang setelah menggunakan Pembelajaran Explicit Instruction. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Hasil data penelitian diperoleh melalui praktek produktif membuat wayang kulit disertai dengan lembar pengamatan siswa. Data pengelolaan pembelajaran oleh Guru diperoleh dari lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan bahwa dari jumlah 22 siswa  yang sudah memperoleh nilai ketuntasan belajar 80 baru sejumlah 7 siswa. Rata-rata nilai pada evaluasi formatif tersebut adalah 74,61.  Dari angket motivasi siswa diperoleh total skor sebanyak 562, rata-rata skor sebesar  31,09. termasuk dalam kriteria suka.Pembelajaran pada siklus 2 dengan menerapkan Pembelajaran Explicit Instruction diperoleh data dari jumlah 22 siswa seluruhnya sudah memperoleh nilai ketuntasan belajar. Rata-rata nilai pada evaluasi formatif tersebut adalah 83,43. Dari data skor yang diberikan oleh Observer yaitu 42 yang berarti masuk dalam kriteria Sangat Baik. Angket motivasi siswa diperoleh total skor sebanyak 818 rata-rata skor sebesar  37,18. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pada siklus 2 termasuk dalam kriteria sangat suka sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis yang menyatakan bahwa Pembelajaran Explicit Instruction sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan  membuat wayang  pada siswa Kelas XII Paket Keahlian Desain dan Produksi Kria Kulit SMK NegeriPacitan tahun pelajaran 2014/2015 terbukti kebenarannya.

 

Kata Kunci:Efektifitas, Kemampuan, Wayang.

Article Details

How to Cite
Sarwono, S. (2016). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAMMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT WAYANG SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN DESAIN DAN PRODUKSI KRIA KULIT SMK NEGERI PACITAN. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 771–779. https://doi.org/10.21067/jip.v6i1.1082
Section
Articles