PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSIDENGAN METODE OBSERVASI TERPADUSISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 TRENGGALEK

Main Article Content

Anik Susilowati

Abstract

Abstrak

Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dan tidak secara tatap muka dengan orang lain. Keterampilan menulis tidak datang dengan sendirinya, hal itu menuntut latihan yang cukup dan teratur.Penelitian ini mengkaji tentang permasalahan kemampuan peserta didik dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode observasi terpadu. Kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis deskripsi disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik untuk belajar, guru masih menggunakan metode yang tradisional, dalam pembelajaran menulis guru hanya memberikan teori tanpa diberikan praktek menulis terutama menulis deskripsi. Penggunaan metode observasi terpadu terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis deskripsi peserta didik. Hal tersebut dapat diketahui dengan memberikan tes menulis deskripsi kepada peserta didik. Dengan pembelajaran observasi terpadu, peserta didik mampu menuangkan ide dan gagasan ke dalam tulisan deskripsi dengan hasil observasi yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Observasi dilakukan di luar ruang kelas dan hanya disekitar lingkungan sekolah serta halaman belakang sekolah, sehingga peserta didik mempunyai banyak ide cemerlang untuk mendapatkan hasil karangan yang baik.

 

Kata Kunci:Peningkatan, menulis, deskripsi, metode observasi terpadu

Article Details

How to Cite
Susilowati, A. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSIDENGAN METODE OBSERVASI TERPADUSISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 1 TRENGGALEK. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 780–791. https://doi.org/10.21067/jip.v6i1.1083
Section
Articles