PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI SMA/MA KELAS XII PADA KOMPETENSI DASAR POLA KERUANGAN DESA DAN KOTA DENGAN MODEL DICK AND CAREY
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Orientasi penyediaan buku teks di berbagai sekolah di Indonesia saat ini, terutama buku teks Geografi, hanya difokuskan pada segi kuantitas. Fakta menunjukkan bahwa penyediaan buku penunjang pembelajaran Geografi di sekolah hanya mempertimbangkan segi proporsi jumlah siswa dengan jumlah buku yang tersedia. Dari segi kualitas, masih banyak materi pada buku pelajaran Geografi yang sebenarnya menunjukan kelemahan yang mendasar: pertama, teks Geografi â€Âmengabaikan†aspek kebenaran bahasa, fakta/data, konsep, generalisasi, kebenaran penyajian gambar. Hasil validasi pada ahli materi pelajaran, bahan ajar berada dalam kategori baik (71%). Hasil uji coba pada ahli rancangan pembelajaran, bahan ajar berada dalam kategori baik (71%). Hasil uji coba ahli bahasa berada dalam kategori sangat baik (91%), tetapi masih ada beberapa kesalahan pengetikan dan pemenggalan kata. Hasil uji coba lapangan pada siswa, bahan ajar berada dalam kategori baik (80%), sedangkan hasil uji coba lapangan pada guru, bahan ajar berada dalam kategori baik (82%). Pengembangan selanjutnya disarankan, yaitu: (a) pengembangan bahan ajar Geografi tidak terbatas hanya pada kelas XII semester dua pada kompetensi dasar menganalisis pola keruangan desa dan kota. Untuk menghasilkan produk bahan ajar secara utuh sebaiknya dikembangkan untuk dua semester (semester satu dan semester dua), (b) uji coba bahan ajar ini terbatas di Kota Malang. Untuk menghasilkan bahan ajar yang berlaku secara nasional sebaiknya dilakukan uji coba lapangan dengan mengambil sampel yang diperluas di wilayah Indonesia.
ÂÂ
Kata Kunci: bahan ajar Geografi.
ÂÂ
Abstract
The orientation of text book supply in many school in Indonesia, especially for geography is only focused on quantity. In fact the supply of book to support geography learning in school only considered with the proportion of students’ number. In quality aspect, there are still many books show the basic weaknesses namely â€Âignoring†language truth aspect, fact/data, concept, generalization, picture performance and material acceptance. Therefore it needs for a problem solution alternative by developing or improving text book oriented in those aspect. Based on the result of validation on material expert, text book is in good category (71%). The result of validation on learning design, text book is in good category (71%). The result of language text expert test, text book is in very good category (91%). But there still many mistyping and incorrect pause. The result of test on the students, text book is in very good category (80%). While the result of test on teacher, text book is in very good category (82%). Usage suggestion: (a) for teacher and students, must pay attention to the usage instruction on the initial part of the text book, (b) before learning this text book, read and comprehend the abstract which represent the available mind mapping.
Keyword: geography text book.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â