PENGGUNAAN SOAL TERBUKA DENGAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BILANGAN BULAT BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran penggunaan soal terbuka dengan Scaffolding untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa calon guru SD di Universitas Kanjuruhan Malang pada materi Bilangan Bulat. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar pada setiap tindakan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan soal terbuka dengan Scaffolding dapat meningkatkan pemahaman materi pengoperasian bilangan bulat bagi mahasiswa PGSD Universitas Kanjuruhan Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada dosen yang hendak menggunakan soal terbuka dengan Scaffolding perlu meningkatkan motivasi dengan memberikan wacana yang membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan tugas.
Kata Kunci: Pembelajaran, Soal Terbuka, Scaffolding, Pemahaman
Kata Kunci: Pembelajaran, Soal Terbuka, Scaffolding, Pemahaman
Article Details
How to Cite
Swastika, I. K., & Safrina, M. (2016). PENGGUNAAN SOAL TERBUKA DENGAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BILANGAN BULAT BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 857–865. https://doi.org/10.21067/jip.v6i2.1319
Section
Articles
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â