PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DILIHAT DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi suhu dan kalor dilihat dari kemampuan awal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara cluster random sampling. Kelas eksperimen belajar menggunakan Inkuiri terbimbing dan kelas kontrol belajar menggunakan Pembelajaran Konvensional. Pembelajaran dilakukan pada materi suhu dan kalor. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan Analisis varian dua Jalur. Pengaruh pembelajaran diuji dengan uji Tukey. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah serta kemampuan memecahkan masalah Fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, kemampuan pemecahan masalah Fisika, materi Suhu dan kalor, kemampuan awal
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, kemampuan pemecahan masalah Fisika, materi Suhu dan kalor, kemampuan awal
Article Details
How to Cite
Sayyadi, M., Hidayat, A., & Muhardjito, M. (2016). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DILIHAT DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 866–875. https://doi.org/10.21067/jip.v6i2.1325
Section
Articles
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â