OPTIMALISASI PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MATAKULIAH MIKROBIOLOGI OPTIMIZATION DEVELOPMENT BASED BLENDED LEARNING MOODLE COURSE FOR MICROBIOLOGY
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah berdasarkan Microbiology Learning Management System, diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, memotivasi mahasiswa, dan meningkatkan fleksibilitas pembelajaran. Metode penelitian ini ialah mengunakan penelitian pengembangan (Research & Development) yang dirancang untuk mengembangkan sebuah media interaktif yang dapat digunakan untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan. Dalam pengembangan media ini digunakan dua model pengembangan yakni model waterfall dan prototype pfleeger. Dari hasil uji validasi dan uji coba produk diketahui bahwa LMS berbasis moodle yang dikembangkan telah memenuhi standard performa yang dibutuhkan agar moodle bisa berjalan dengan layak sehingga, tidak membuat pengguna bosan karena terlalu lambat atau terlalu banyak fitur-fitur yang tidak diperlukan.
Kata Kunci: Blended Learning, Moodle, Mikrobiologi
Kata Kunci: Blended Learning, Moodle, Mikrobiologi
Article Details
How to Cite
Hidayati, P. I. (2016). OPTIMALISASI PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MATAKULIAH MIKROBIOLOGI OPTIMIZATION DEVELOPMENT BASED BLENDED LEARNING MOODLE COURSE FOR MICROBIOLOGY. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 890–897. https://doi.org/10.21067/jip.v6i2.1328
Section
Articles
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â