BANTUAN AWAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI INTERVENSI POLA DAN STRUKTUR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perolehan kesadaran pola dan struktur matematika pada anak usia dini. Subyek penelitian adalah siswa kelas B TK Permata Iman 2 Malang yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan perempuan berusia 5 – 6 tahun. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, menggunakan strategi studi kasus. Studi kasus diarahkan pada intervensi pola dan struktur anak usia dini selama proses pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa untuk berbagai tugas bisa andal dikategorikan sesuai dengan fitur struktur matematika. Empat kategori perkembangan struktural meliputi: tahap pra-struktural, tahap emergent, tahap struktural parsial, dan tahap perkembangan struktural. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: a) siswa dapat menggunakan representasi numerik dalam bentuk gambar berpola, dan b) hasil pekerjaan siswa terdistribusi pada 5 anak kategori tahap pre-structural, 4 anak kategori tahap emergent, 5 anak kategori tahap partial, dan 7 anak kategori tahap structural. Kata-kata Kunci: intervensi, pola dan struktur, representasi numerik
Article Details
How to Cite
Yuwono, T., & Murniasih, T. R. (2016). BANTUAN AWAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI INTERVENSI POLA DAN STRUKTUR. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 898–904. https://doi.org/10.21067/jip.v6i2.1329
Section
Articles
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â