PENERAPAN METODE BERMAIN GAME DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH SPEAKING 2

Main Article Content

Siane Herawati
Muhammad Suharto
Maria Cholifah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk: 1) Menguji pengaruh penerapan metode bermain game terhadap sikap mahasiswa pada mata kuliah speaking 2, 2) Menguji pengaruh penerapan bermain game terhadap penguasaan kosa kata bahasa Inggris 3) Menguji pengaruh penerapan bermain game terhadap penguasaan kalimat bahasa Inggris 4) Menguji pengaruh penerapan bermain game terhadap kemampuan komunikasi menggunakan bahasa Inggris.Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Kanjuruhan Malang, pada mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dukumen dan tes. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan Constant Comparative Method: membandingkan kejadian yang berlaku untuk setiap kategori, integrating categories and their properties, delimiting the theory, dan speaking the theory. Data kuantitatif dianalisis deskriptif dengan statistik Korelasi Product Moment untuk mencari nilai akhir. Peneliti mendapatkan banyak kemajuan setelah melakukan penelitian dengan menggunakan metode bermain game. Adapun dilihat pada kemampuan dan keberanian berbicara bahasa Inggris yang spontanitas serta penambahan kosa kata pada mahasiswa semester 2 tersebut.Hasil dari variabel X ( Strategi bermain game) dari 80 orang mahasiswa adalah 5831, sedangkan variabel Y (kemampuan berbicara bahasa Inggris) adalah 7189. Setelah dihitung dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment r hitung adalah 0.8090. Dengan nilai 0.8090, jika diinterpretasikan sesuai dengan Interpretasi Koefisien Korelasi nilai r. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi variabel X (bermain game) mempunyai pengaruh tingkat hubungan yang sangat tinggi terhadap variabel Y (kemampuan berbicara bahasa Inggris.
Kata-kata kunci: metode, bermain, game

Article Details

How to Cite
Herawati, S., Suharto, M., & Cholifah, M. (2016). PENERAPAN METODE BERMAIN GAME DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH SPEAKING 2. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 905–911. https://doi.org/10.21067/jip.v6i2.1346
Section
Articles