UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MEDIA BENDA ASLI

Main Article Content

Erna Lukitawati

Abstract

Penelitian ini     berangkat dari       latar      belakang   perlunya  dilakukan pembaharuan  dalam  peningkatan  kreativitas  mengajar  guru  dalam  pengelolaan proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar  di Sekolah Menengah Pertama sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam  kegiatan  pembelajaran,  materi  pelajaran  tidak  kontekstual,  dan  kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional.Keadaan  tersebut  potensial  menimbulkan  kejenuhan,  Berdasarkan uraian permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator  pembelajaran.  Peningkatan  kreativitas mengajar guru  dan  dukungan media pembelajaran mutlak perlu dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan  analisisnya   melalui   kajian-kajian   reflektif,   partisipatif,   dan  kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa. Penelitian ini dilakukan SMP Negeri  I Turen dengan tiga siklus. Pada siklus pertama,  sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi  pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan   media benda asli,  sehingga  dilakukan  tindakan  dengan  memberi  penjelasan  kepada  siswa tentang prinsip-prinsip  pembelajaran  kooperatif  tipe  jigsaw.  Sedangkan  hasil belajar  bangun  ruang  sisi  datar  siswa  menunjukkan  peningkatan  dari  rata-rata sebesar 53 pada siklus pertama menjadi 79 pada siklus kedua dan 80 pada siklus ketiga. Ketuntasan belajar siswa   juga menunjukkan peningkatan dari 43% pada siklus pertama menjadi 87% pada siklus kedua dan 90% pada siklus ketiga dari nilai kriteria ketuntasan minimal 60. Dalam hal pelaksanaan penelitian tindakan kelas,  siklus  pertama,  kedua,  dan  ketiga  dapat  disimpulkan  bahwa  kombinasi pendekatan  pembelajaran  kooperatif  tipe  jigsaw  dan  media  benda  asli  dapat meningkatkan hasil belajar bangun ruang sisi datar dan aktivitas siswa  pada siswa SMP Negeri I Turen.

 Kata Kunci: bangun ruang sisi datar, aktivitas, jigsaw, media benda asli.

Article Details

How to Cite
Lukitawati, E. (2016). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MEDIA BENDA ASLI. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 922–930. https://doi.org/10.21067/jip.v6i2.1353
Section
Articles