PENINGKATAN HASIL BELAJAR USAHA DAN ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 BENDUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2015/2016

Bima Barata

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar usaha dan energi melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Negeri I Bendungan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil belajar siswa yang dinyatakan dengan rerata skor tes formatif untuk siklus I sebesar 61,62 Hasil ini cukup tinggi bila dibandingkan pada nilai sebelum­nya yaitu 45,25, karena siswa lebih siap dalam mengikuti pelajaran. Pada siklus II rerata skor formatif sebesar 79,03. Hasil dari siklus II lebih baik daripada siklus I, karena siswa sudah terbiasa dengan mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran, terdorong untuk belajar yang lebih baik, serta merasa lebih terbuka kepada teman kelompoknya untuk pemahaman konsep‑konsep Usaha dan Energi yang belum dimengerti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Usaha dan Energi pada siswa kelas XI SMA Negeri I Bendungan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016.

 


Keywords


model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok, usaha, energi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto. 2010. Desain PTK. Jakarta: RinekaCipta.

Kanginan, Marthen. 2006. FISIKA untuk SMA kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Resnick, Halliday. 1985. Fisika Jilid 1 Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Santyasa, I.W. (2008). “Pengembangan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Bagi Siswa SMA Dengan Pemberdayaan Model Perubahan Konseptual Bersetting Investigasi Kelompok”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 1,(1), 3-12. Santyasa, I Wayan. 2008b. Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif.

Santyasa, I W. 2008a. Pengembangan Pemaha-man Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Bagi Siswa SMA dengan Pemberdayaan Model Perubahan Konseptual Berseting Investigasi Kelompok.

Sudjana. N dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jip.v7i1.1551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

 JIP STATS

StatCounter - Free Web Tracker and Counter