PENGGUNAAN CREATIVE WRITING HANDBOOK DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIFITAS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS KANJURUHAN PADA KELAS INSTRUCTIONAL MEDIA

Irene Trisisca Rusdiyanti, Uun Muhaji

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Creative Writing Handbook  bisa mengembangkan kreatifitas mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan  Malang  sebagai calon guru Bahasa Inggris dalam mata kuliah Instructional Media. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan berpusat pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang menempuh mata kuliah Instructional Media. Kriteria keberhasilan bagi penelitian ini adalah 80% dari total jumlah mahasiswa yang mengikuti Mata Kuliah Instructional Media mampu menentukan dan membuat Creative Writing Handbook berdasarkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai, dengan nilai minimal 75. Ada 2 siklus dari penelitian ini. Pada siklus yang pertama, mahasiswa yang mencapai nilai akhir 7.5 adalah 68.75% sedangkan 31,25% mahasiswa masih mencapai nilai akhir kurang dari 75. Pada siklus kedua, dari 32 mahasiswa yang berhasil mencapai criteria keberhasilan adalah sebesar  93,75% dan yang gagal mencapai kriteria keberhasilan 6,25%. Secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Creative Writing Handbook dapat memecahkan permasalahan yang terjadi. Lebih khusus dapat pula ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan metode ini dapat meningkatkan interaksi antar mahasiswa, interaksi dosen dan mahasiswa, serta dapat pula memecahkan permasalahan yang terjadi di kelas, khususnya untuk mata kuliah instructional media.

 

Kata Kunci: creative writing handbook, penelitian tindakan kelas, variasi pembelajaran

 

Abstract: This research aimed to investigate how the use of Creative Writing Handbook  could improve the ideas and the creativity of students of English Department, Kanjuruhan University of Malang as the English pre-service teachers in Instructional Media lecture. This research used Classroom Action Research to the English Department students who took Instructional Media. The criteria of success in this research was 80% of the students who joined Instructional Media could decide and made Creative Writing Handbook based on the learning goal which had to be reached, with minimum score 75. There were two cycles in this research. In the first cycle, the students who achieved 75 were 68.75%, while 31,25% students still achieved score less than 75. In the second cycle, from 32 students, 93,75% students achieved the criteria of success, and those who failed were 6,25%. It can be concluded that the implementation of creative writing handbook can solve the problem. More specifically, it can be concluded that this method can improve the interaction among the students, and among the students and the lecturer. it can also be used to solve the problem happens in the instructional class.

 

Key words: creative writing handbook, classroom action research, learning variation

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jip.v7i1.1552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

 JIP STATS

StatCounter - Free Web Tracker and Counter