OPTIMALISASI EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Permata Ika Hidayati

Sari


Abstrak: Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMAN 9 Malang yang meneliti tentang minat belajar siswa dengan menggunakan media berbasis macromedia flash pada pembelajaran biologi. Penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa pada kelas yang menggunakan media berbasis macromedia flash dan yang menggunakan media berbasis power point. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 9. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen angket. Pengujian hipotesis data minat belajar siswa diuji dengan menggunakan statistik Uji-t dan diperoleh hasil macromedia flash memiliki pengaruh yang signifikan.  Rata-rata skor kemajuan minat belajar siswa diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 16,33 % sedangkan rata-rata skor kemajuan minat belajar siswa yang diperoleh pada kelas kontrol hanya sebesar 10,48 %.

 

Kata Kunci: macromedia flash, minat belajar siswa

 

Abstract: This research is an experimental study in SMAN 9 Malang that examines student interest by using Macromedia Flash-based media in learning biology. Experimental research that aims to determine differences in the interest of students in the class using Macromedia Flash-based media and the use of media-based power point. The study population was all students in grade X SMAN 9. samples were taken using cluster random sampling technique. This study is an experimental research design with pretest-posttest control group design. Data collection is by using questionnaires. Testing the hypothesis of interest data learning students were tested using a statistical t-test and the results macromedia flash has a significant effect. The average score of the progress of student interest obtained in the experimental class higher at 16.33% while the average score of the progress of student interest earned on the control class amounted to only 10.48%.

 

Keywords: macromedia flash, student learning interests

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Ambarjaya S.Beni.2012. Psikologi Pendi-dikan & Pengajaran. Yogyakarta: CAPS. Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

.Arsyad, Ashar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ary, Donald, dkk. 2011. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. (Terjemahan Arief Furchan) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengem-bangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat. Djamarah B. Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: DIVA Press. Muataqim & Wahib. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jip.v7i1.1553

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Hasil gambar untuk google scholar images

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter