MODEL PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PONDOK PESANTREN AL HIKAM KOTA MALANG

Siti Muntomimah

Sari


Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model pendidikan dan pembelajaran karakter anak usia dini dengan setting pembelajaran di institusi pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif, & menggunakan teknik analisis model Miles & Hubberman. Penelitian ini dilakukan di Raudlotul Athfal (RA) Al Hikam di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam, Kota Malang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, model pembelajaran karakter anak usia dini yaitu dengan cara (1) pembiasaan oleh guru & (2) imitasi dari santri di lingkungan sekolah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi model pendidikan dan pembelajaran karakter anak usia dini di lingkungan ponpes adalah: (1) karakter pondok pesantren, (2) integritas dan komitmen orangtua murid, (3) keteladanan guru-guru RA.

 

Kata Kunci: karakter, pesantren, kiai

 

Abstract: This study was conducted to determine the education models of early childhood learning character in boarding school (pesantren) setting. This study uses a qualitative case study, and using Miles & Hubberman model for techniques analysis. This research was conducted in Raudlotul (RA) Al Hikam boarding school (pesantren) Al Hikam, Malang. Based on the research, learning model for early childhood character is by (1) habituation by teachers and (2) imitation of students (santri) in the school environment. While the factors that influence the character of the education model in the early childhood environment (ponpes) are: (1) ponpes the characteristics, (2) integrity and commitment of parents, (3) exemplary teachers RA.

 

Kata kunci: character, boarding school (pesantren), sitter (kiai), learning & education models

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman Wahid, Menggerakan Tradisi: Esei-esei Pesantren, Yogyakarta: LKiS, 2001

Departemen Agama RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah: Pertum-buhan dan Perkembangannya, (Jakarta: Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001)

Lydia Freyani Hawadi, Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan Nasiona, 2012

Sigit Dwi Laksana, Urgensi Pendidikan Karakter, MUADDIB, Vol.05 No.01 Januari-Juni 2015, jurnal.umpo.ac.id, diakses: 01/08/2016

Sofyan Sauri, Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter, MAN Baturaja: siap-sekolah.com – page:3, diakses: 01/08/2016




DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jip.v7i1.1554

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Hasil gambar untuk google scholar images

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter