MODEL PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PONDOK PESANTREN AL HIKAM KOTA MALANG

Main Article Content

Siti Muntomimah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model pendidikan dan pembelajaran karakter anak usia dini dengan setting pembelajaran di institusi pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif, & menggunakan teknik analisis model Miles & Hubberman. Penelitian ini dilakukan di Raudlotul Athfal (RA) Al Hikam di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam, Kota Malang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, model pembelajaran karakter anak usia dini yaitu dengan cara (1) pembiasaan oleh guru & (2) imitasi dari santri di lingkungan sekolah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi model pendidikan dan pembelajaran karakter anak usia dini di lingkungan ponpes adalah: (1) karakter pondok pesantren, (2) integritas dan komitmen orangtua murid, (3) keteladanan guru-guru RA.

 

Kata Kunci: karakter, pesantren, kiai

 

Abstract: This study was conducted to determine the education models of early childhood learning character in boarding school (pesantren) setting. This study uses a qualitative case study, and using Miles & Hubberman model for techniques analysis. This research was conducted in Raudlotul (RA) Al Hikam boarding school (pesantren) Al Hikam, Malang. Based on the research, learning model for early childhood character is by (1) habituation by teachers and (2) imitation of students (santri) in the school environment. While the factors that influence the character of the education model in the early childhood environment (ponpes) are: (1) ponpes the characteristics, (2) integrity and commitment of parents, (3) exemplary teachers RA.

 

Kata kunci: character, boarding school (pesantren), sitter (kiai), learning & education models

Article Details

How to Cite
Muntomimah, S. (2017). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PONDOK PESANTREN AL HIKAM KOTA MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 43–51. https://doi.org/10.21067/jip.v7i1.1554
Section
Articles

References

Abdurrahman Wahid, Menggerakan Tradisi: Esei-esei Pesantren, Yogyakarta: LKiS, 2001
Departemen Agama RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah: Pertum-buhan dan Perkembangannya, (Jakarta: Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001)
Lydia Freyani Hawadi, Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan Nasiona, 2012
Sigit Dwi Laksana, Urgensi Pendidikan Karakter, MUADDIB, Vol.05 No.01 Januari-Juni 2015, jurnal.umpo.ac.id, diakses: 01/08/2016
Sofyan Sauri, Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter, MAN Baturaja: siap-sekolah.com – page:3, diakses: 01/08/2016