PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI PENYEDIAAN SARANA PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PADA POS PAUD DI KELURAHAN MERJOSARI MALANG

Rahayu Puji Suci, Suhermin Suhermin, Triyonowati Triyonowati

Abstract


Abstrak: Program pendidikan anak usia dini di Kota Malang masih kurang merata. Tim Pelaksana memberikan solusi alternatif terhadap beberapa permasalahan yang dihadapi oleh dua Pos PAUD yaitu Pos PAUD “ASPARAGA dan Pos PAUD “JAYA KUSUMA yang terletak di wilayah Kelurahan Merjosari Malang. Letak Pos PAUD Pos PAUD “ASPARAGA dan Pos PAUD “JAYA KUSUMA meski ada di wilayah Kota Malang, namun posisi berada di pinggiran Kota Malang. Skala prioritas yang menjadi sasaran Tim untuk solusi atas permasalahan kedua  Pos  PAUD  adalah 1. Menghasilkan alat peraga edukatif (APE) dalam/indoor dan APE luar/outdoor . 2. Menghasilkan penunjang proses belajar mengajar yang berupa meja dan kursi siswa sebagai sarana yang nyaman dalam proses pembelajaran Pos PAUD. 3.Menghasilkan Pelatihan parenting berbasis pembelajaran berkulaitas pada anak usia dini. Hasil implementasi instrumen tersebut adalah: a) Pos PAUD yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas, b). Lebih efisien tempat, waktu, tenaga dan biaya dalam pengelolaan Pos PAUD, c). Tatakelola  manajemen  maksimal,  terprogram,  terdata  dengan baik dan benar

 

Kata Kunci: pos paud, alat peraga edukatif (ape), sarana pembelajaran, planning, organizing, actuating, dan controlling (poac).

 

Abstract: Early childhood education programs in the city of Malang is still uneven. Executive Team provide alternative solutions to some of the problems faced by the two, namely Pos Paud "ASPARAGA and Pos Paud" JAYA KUSUMA located in the Village area Merjosari Malang. Pos layout Pos Paud "ASPARAGA and Pos Paud " KUSUMA JAYA although there are in the city of Malang, but the position is located on the outskirts of the city of Malang. Priorities are being targeted for Team Pos solutions for problems of both Pos Paud is 1. Produce educational props (APE) in / indoor and outdoor APE / outdoor. 2. Generate support teaching and learning process in the form of tables and chairs as a convenient means of students in the learning process early childhood Pos. Training 3.Menghasilkan parenting berkulaitas-based learning in early childhood. The results of the implementation of such instruments are: a) Pos Paud resulting into better quality, b). More efficient place, time, effort and money in the management of early childhood Pos, c). Governance maximum management, programmed, recorded properly and correctly.

 

Keywords: post early childhood, educational props (ape), a means of learning, planning, organizing, actuating, and controlling (POAC)


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hariwijaya dan Bertani. 2009. PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadika Publishing

Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks

Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Dinas Pendidikan. 2010. Rencana Program Pembelajaran (RPP) Pos PAUD Terpadu. Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya

Martiyono. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Mukhtar, Latif dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: KencanaPerdana Group

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, DIKTI, 2013. Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi IX.

Departemen Logistik Pemerintahan, (2012) “Membantu Anak Anda di Usia Taman Kanak-Kanak”, Biro Pendidikan, Jakarta.

Dirjen PauD, Nonformal dan Informal, (2013), “Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak” Direktorat Pendidikan Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain, Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional, 2008.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Pedoman Penyaluran Dana Bantuan Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional, 2009.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Pedoman Penyaluran Dana Bantuan Pengembangan Pusat Unggulan, Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional, 2009.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Buletin PADU; Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional, Desember 2008, Vol.7 No.3.

Slamet Suyanto, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Hikayat Publishing,2005

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.




DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jip.v7i1.1555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

 JIP STATS

StatCounter - Free Web Tracker and Counter