PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK MELALUI TUGAS PROYEK PADA MATERI STATISTIKA SMP

Rosita Dwi Ferdiani, Tatik Retno Murniasih

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik berbasis tugas proyek pada materi statistika SMP. Jenis Penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall, yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk; dan tahap validasi dan ujicoba. Pada tahap pengumpulan informasi dimulai dengan penentuan materi dan analisis kebutuhan yang akan digunakan dalam pengembangan produk. Pada tahap perencanaan ini terdiri dari pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian yang menjadi kriteria penilaian autentik melalui tugas proyek. Sedangkan pada tahap pengembangan, terdapat beberapa langkah – langkah pengerjaan yaitu: membuat  rancangan  pembelajaran berbasis tugas proyek,  membuat soal untuk tugas proyek  yang berhubungan dengan materi statistika SMP kelas IX, membuat rubrik penilaian tugas proyek. Tahap validasi dilakukan oleh ahli pembelajaran dan ahli materi matematika. Untuk tahap ujicoba dilakukan pada siswa kelas IX SMP Al Inayah Purwosari, Pasuruan. Hasil validasi ahli pembelajaran menunjukkan hasil jumlah skor sebesar 78 dengan persentase 78%, dan rerata skor sebesar 3,95 dengan kategori “baik”. Sedangkan Hasil validasi ahli materi menunjukkan hasil jumlah skor sebesar 85 dengan persentase 85%, dan rerata skor sebesar 4,25 dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil validasi dari kedua ahli yaitu ahli materi dan ahli pembelajaran menunjukkan kategori baik, sehingga produk instrumen penilaian autentik berbasis tugas proyek layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi statistika SMP.

 

Kata Kunci: Penilaian, autentik, tugas proyek


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Borg,W.R & Gall,M.G (1989), Educational Research: An Introduction (5th ed.). New York:Longman

Burton, K. 2011. A Framework for Determining The Authenticity of

Assessment Tasks: Applied to an Example In Law . Journal of

Learning Design.

Hamzah B. Uno dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Havnes, A and McDowell, L. 2008. Balancing Dilemmas in Assessment and Learning in Contemporary Education. New York: Master e Book.

Mueller, J. 2008. Authentic Assessment Toolbox. North Central Collegehttp:/ /www.noctrl.edu/,Naperville,http://jonathan.mueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.-htm. Diunduh 23 Februari 2015.

Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jip.v7i1.1557

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Hasil gambar untuk google scholar images

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter