PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Udik Yudiono, Farida Marwia

Sari


Asbtrak: Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh secara parsial motivasi, kepuasan kerja dan komitmen terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang; (2) Mengetahui pengaruh secara simultan motivasi, kepuasan kerja dan komitmen kerja terhadap kinerja pegawai pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, Penelitian survey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. Sehingga kemudian ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan antar variabel sosiologis maupun psikologis, dan dilakukan untuk mengambil suatu generalisasi dari sebuah sampel ke dalam populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Secara parsial atau sendiri-sendiri antara variabel motivasi kerja (X1), kepuasan kerja (X2) dan komitmen terhadap (X3) semuanya berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai (Y) pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Hal ini dibuktikan pada hasil perhitungan software SPSS versi 21  bahwa motivasi kerja (X1) berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y). Sedangkan kepuasan kerja (X2) dan komitmen kerja (X3) secara parsial juga berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y); (2) Ada pengaruh secara simultan atau bersama-sama antara variabel motivasi kerja (X1), kepuasan kerja (X2) dan komitmen pegawai (X3) terhadap kinerja pegawai (Y) pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang.

 

Kata kunci: Motivasi kerja, kepuasan kerja, komitmen pegawai, kinerja pegawai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Syafaruddin. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: BPFE.

Atmosoeprapto, Kisdarto. 2002. Menuju Sumber Daya Manusia Berdaya Dengan Kepemimpinan Efektif dan Menejemen Efisien. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Gibson, James L, John M.Ivancevich Jr. 2000. Organisasi dan Manajemen; Perilaku Struktur, Proses, alih bahasa Djoerban Wahid. Jakarta: Erlangga.

Fathoni, Abdurrahmad, 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Jakarta, Penerbit PT Rineka Cipta.

Handoko, T. Hani. 2001, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Yogyakarta:BPFE.

Hasibuan, Melayu SP, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan Keenam, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara.

Kuswadi, 2004. Cara Mengukur Kepuasan Karyawan, Penerbit PT Elex Media Jakarta, Komputindo.

Luthans, F. 1995. Organizational Behavior. Mc. Graw Hill.

Mangkunegara, A.Anwar Prabu, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia Bandung:Remaja Rosdakarya.

Mathis, L. Robert dan Jackson. H. John, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama Buku I. Jakarta:Salemba Empat.

Mowday R T, 1982, Employ Organization Linkages: The Psychology of Commitment Abstein, and Turn Over, Academic,inc. London.

Mulyadi. 2001 Balanced Score Card. Alat Menejemen Kontemporer Untuk Peliput Ganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Robins, Stephen P, 2003, Perilaku Organisasi. Buku I, Edisi Indonesia. Jakarta: Indeks.

Robbins, Stephen P, 2006. Perilaku Organisasi, Jilid Kedua, Edisi Kesepuluh, Jakarta, Penerbit Prenhallindo.

Rivai, Veithzal, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktek. Edisi Pertama.Cetakan Ketiga. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Bandung:Refika Aditama.

Sutrisno, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Jakarta, Penerbit Kencana Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jip.v7i1.1559

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Hasil gambar untuk google scholar images

 StatCounter - Free Web Tracker and Counter