PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI FREKUENSI PEMBERIAN TES MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TUREN 2014-2015
Main Article Content
Abstract
Salah satu diantara faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya proses mengajar dan belajar adalah penilaian. Fungsi penilaian dapat meningkat kegiatan belajar sehingga dapat diharapkan memperbaiki hasil belajar.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Turen dengan populasi siswa kelas IX yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 263 anak, sedangkan sampelnya sebanyak 88 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok.Variabel dalam penelitian ini adalah :Variabel bebas yang berupa frekuensi pemberian tes Variabel terikat yaitu prestasi belajar matematika setelah diberi perlakuan Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Dengan teknik random sampling terpilih dua kelompok sampel terdiri atas 44 subyek per kelompok. Kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen, diberi perlakuan pemberian tes dengan frekuensi sebanyak 5 kali (sesuai indikator), sedangkan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol diberi tes dengan frekuensi lebih sedikit yaitu 2 x (beberapa indikator digabung). Setelah akhir perlakuan, kedua kelompok diberi tes yang sama, kemudian hasilnya dibandingkan.Selanjutnya data hasil tes prestasi belajar tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis disimpulkan Terdapat Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Frekuensi Pemberian Tes Matematika Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Turen.
Article Details
How to Cite
Lukitawati, E. (2017). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI FREKUENSI PEMBERIAN TES MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TUREN 2014-2015. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 105–117. https://doi.org/10.21067/jip.v7i1.1563
Section
Articles
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Arikunto, Suharsimi. 1995. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Basir, Abdul. 1988. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Universitas Airlangga.
Djarwanto Ps. dan Subagyo, Pangestu. 1993. Statistik Induktif. Yogyakarta : BPFE
Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : P2LPTK
Kasiram, Moh. 1984. Teknik Analisa Item Tes Hasil Belajar dan Cara-cara Menghitung Validity dan Reliability. Surabaya : Usaha Nasional.
Soleh, Muhammad. 1998. Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta : Depdikbud.
Sumanto. 1995. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta : Andi Offset.
Thoha, M. Chabib. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Basir, Abdul. 1988. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Universitas Airlangga.
Djarwanto Ps. dan Subagyo, Pangestu. 1993. Statistik Induktif. Yogyakarta : BPFE
Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : P2LPTK
Kasiram, Moh. 1984. Teknik Analisa Item Tes Hasil Belajar dan Cara-cara Menghitung Validity dan Reliability. Surabaya : Usaha Nasional.
Soleh, Muhammad. 1998. Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta : Depdikbud.
Sumanto. 1995. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta : Andi Offset.
Thoha, M. Chabib. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.