PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI FREKUENSI PEMBERIAN TES MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TUREN 2014-2015

Erna Lukitawati

Abstract


Salah satu diantara faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya proses mengajar dan belajar adalah penilaian. Fungsi penilaian dapat meningkat kegiatan belajar sehingga dapat diharapkan memperbaiki hasil belajar.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Turen dengan populasi siswa kelas IX yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 263 anak, sedangkan sampelnya sebanyak 88 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok.Variabel dalam penelitian ini adalah :Variabel bebas yang berupa frekuensi pemberian tes Variabel terikat yaitu prestasi belajar matematika setelah diberi perlakuan Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Dengan teknik random sampling terpilih dua kelompok sampel terdiri atas 44 subyek per kelompok. Kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen, diberi perlakuan pemberian tes dengan frekuensi sebanyak 5 kali (sesuai indikator), sedangkan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol diberi tes dengan frekuensi lebih sedikit yaitu 2 x (beberapa indikator digabung). Setelah akhir perlakuan, kedua kelompok diberi tes yang sama, kemudian hasilnya dibandingkan.Selanjutnya data hasil tes prestasi belajar tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis disimpulkan  Terdapat Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Frekuensi Pemberian Tes Matematika Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Turen.

Keywords


Prestasi Belajar, Pengulangan / Drill, Penilaian / Evaluasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. 1995. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Basir, Abdul. 1988. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Universitas Airlangga.

Djarwanto Ps. dan Subagyo, Pangestu. 1993. Statistik Induktif. Yogyakarta : BPFE

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : P2LPTK

Kasiram, Moh. 1984. Teknik Analisa Item Tes Hasil Belajar dan Cara-cara Menghitung Validity dan Reliability. Surabaya : Usaha Nasional.

Soleh, Muhammad. 1998. Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta : Depdikbud.

Sumanto. 1995. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta : Andi Offset.

Thoha, M. Chabib. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jip.v7i1.1563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

 JIP STATS

StatCounter - Free Web Tracker and Counter