KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI FLUIDA STATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN THINKING MAP

Main Article Content

Irmina Sendang Datur

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah fisika siswa materi fluida statis melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan thinking map. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain embeded experimental model. Subjek penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas X SMAN 2 Borong Kabupaten Manggarai Timur. Instrumen pengukuran yang digunakan meliputi soal pemecahan masalah sebanyak 12 butir soal, pedoman wawancara, lembar observasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data terkait kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang didasarkan pada jawaban siswa dalam mengerjakan pretest-posttest serta data hasil wawancara, kemudian terkait pembelajaran berbasis masalah berbantuan thinking map diperoleh dari skor pretest-postes siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif, N-gain dan effect size serta data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dilihat dari perolehan N-gain berada pada kategori sedang, yakni 0,42 serta effect size yang besar yakni, 2,58. Hal ini ditunjukan dengan perubahan kognitif siswa yang semakin membaik dan peningkatan jumlah siswa yang menjawab soal posttest dengan proses pemecahan masalah yang benar.

Article Details

How to Cite
Datur, I. S. (2017). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI FLUIDA STATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN THINKING MAP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21067/jip.v7i2.1746
Section
Articles