PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PEMBELAJARAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pertimbangan bahwa kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PSP BSI) Universitas Kanjuruhan Malang masih tergolong rendah. Berdasarkan kondisi di atas, secara umum rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah melalui pembelajaranModel Investigasi Kelompok (MIK) bagi mahasiswa PSP BSI Universitas Kanjuruhan Malang pada tahap prapenulisan, penulisan, dan finalisasi? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah melalui pembelajaran MIK bagi mahasiswa PSP BSI Universitas Kanjuruhan Malang pada tahap prapenulisan, penulisan, dan finalisasi. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswa PSP BSI Universitas Kanjuruhan Malang yang memiliki kemampuan rendah dalam menulis artikel ilmiah. Jumlah siswa yang ditetapkan sebagai sumber data sebanyak delapan orang. Adapun data penelitian ini terdiri atas data proses dan data produk. Data proses berupa deskripsi informasi tentang aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menulis artikel ilmiah melalui MIK pada tahap prapenulisan, penulisan, dan finalisasi. Data tersebut diperoleh melalui pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Data produk berupa deskripsi informasi tentang kemampuan menulis artikel ilmiah sebagai hasil belajar siswa. Data tersebut diperoleh dari hasil penilaian terhadap tulisan artikel ilmiah siswa pada tahap prapenulisan, penulisan, dan finalisasi
Article Details
How to Cite
Susilo, E. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI PEMBELAJARAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 128–142. https://doi.org/10.21067/jip.v7i2.1849
Section
Articles
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Ahmadi, Mukhhsin. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: YA3 Malang.
Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3 Malang.
Akhadiah, Sabarti. 2001. Menulis I. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Akhadiah, Sabarti; Sakura Ridwan; Maidar G. Arsjad. 2001. Menulis I: Narasi dan Deskripsi, EPNA 2203 Modul 7. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdikbud.
Akhadiah, Sabarti; Sakura Ridwan; Maidar G. Arsjad. 2001. Menulis I: Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi, EPNA 2203 Modul 8. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdikbud.
Bogdan, Robert C. dan Sari Knopp Biklen, 1992. Qualitative Research for Education and Introduction to The Theory and Methode. Boston: Allyn and Bacon.
Brown, Ann Cole dkk.1984. Grammar and Composition. Boston, MA: Houghton Mifflin Company.
Cleary, Linda Miller dan Michael D Linn. 1993. Linguistics for Teacher. New York: McGraw-Hill, Inc.
Dahar, Ratna Willis. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLPTK.
Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikti PPGSM.
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Depdiknas. 2003. Ketentuan-ketentuan Umum Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.
Ghazali, Abdul Syukur. 2001.â€ÂStrategi Belajar Kooperatif dalam Belajar Mengajar†Sumber Belajar Kajian Teori dan Aplikasi. Nomor I Th 8.
Halim, Amran; Jazir Burhan; dan Haroen Al Rasjid, 1974. Ujian Bahasa: Petunjuk Ringkas untuk Membuat Soal, Melaksanakan, Menilai, dan Menafsirkan Hasil. Bandung: Ganaco.
Hadiwidjojo, Purbo. 1993. Menyusun artikel ilmiah Teknik. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Handoyo, Budi dkk. 2004. Pendidikan IPS SD (Dilengkapi Model-model Pembelajaran Kontekstual untuk Dosen dan Mahamahasiswa PGSD. Malang: Geo Spektrum Press.
Harsiati, Titik. 2002. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri malang.
Hays, Robert. 1965. Principles of Technical Writing. America: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
Ibrahim, H. Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Ibrahim, H. Muslimin dan Mohamad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.
Keraf, Gorys. 1977. Komposisi: Sebuah Pengantar kepada Kemahiran Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.
Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.
Kearf, Gorys. 1987. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Semarang: Bumi Putera.
Kusumah, Encep; Yeti Mulyati; Maman Suryaman. 2002. Menulis 2. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Kemmis, Stephen dan Robin Mc-Tagart. 1992. The Actions Research Planner. Victoria: Deakin University.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI-Press.
Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Miles, Matthew B. dan A.Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.
Moeliono, Anton M. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Moleong, L. T. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nunan, David. 1991. Learning Teaching Methodology: A Tex Book for Teacher. London: Prentice Hall.
Nurhadi; Dawud; Yuni Pratiwi. 2000. Pelajaran ahasa Indonesia untuk SLTP Kelas 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nur, Mohamad; Prima Retno Wikandari. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Mahasiswa dan Pendekatan Konstrutivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
O’Malley, M.J. dan L.V. Pierce. 1996. Authentic Assessment for English Language Learner: Practical Approaches for Teachers. United States of America: Addison-Wesley Publishing Company.
Oxford, Rebecca L. 1990. Language Learning Strategies. Boston: Heinle & Heinle Publishers.
Rofi’uddin, Ahmad. 1988. Rancangan Penelitian Tindakan.(makalah). Disajikan dalam Lokakarya Tingkat Lanjut Penelitian Kualitatif Angkatan IV Tahun 1997/1998. Malang: Lemlit IKIP Malang.
Rofi’uddin, Ahmad. 1994. Ragam Tes Bahasa. Malang: FPBS IKIP Malang.
Rofi’uddin, Ahmad. 2002. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Malang: Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Indonesia, Universitas negeri Malang.
Richards, Jack C. & Willy A. Renadya. 2002. Methodology in Language Teaching. New York: Cambridge University.
Safari. 1995. Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Kertanegara.
Stone, Jeanne M. 1990. Cooperative Learning and Language Arts: A Multiple Approach. California: Resources for Teachers, University of California.
Subyakto, Sri Utari. 1988. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Dirjen Dikti, PPLPTK.
Sukamto, Toeti dan Udin Sarifudin W. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pusat antar Universitas untuk PPAI. Dirjen Dikti.
Suparno dan Mohammad Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas UI.
Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: BP3SD, Dirjen Dikti, Depdikbud.
Syafi’ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti, Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur.1990. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Temple, Charles dkk. 1988. The Beginnings of Writing. Boston: Allynand Bacon, Inc.
Thornton, Geoffrey. 1980. Teaching Writing: The Development of Written Language Skills.London: Edward Arnold, Ltd.
Tomkins, Gael E. dan K. Hoskisson. 1991. Teaching Writing Process and Product. New York: Mc Milan College Publishing Company.
Tomkins, Gael E. 1994. Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York: Mc Milan College Publishing Company.
Yunus, Mohamad. 2000. Menulis I: Hakikat Menulis, EPNA 2203 Modul 1. Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Ahmadi, Mukhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3 Malang.
Akhadiah, Sabarti. 2001. Menulis I. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Akhadiah, Sabarti; Sakura Ridwan; Maidar G. Arsjad. 2001. Menulis I: Narasi dan Deskripsi, EPNA 2203 Modul 7. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdikbud.
Akhadiah, Sabarti; Sakura Ridwan; Maidar G. Arsjad. 2001. Menulis I: Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi, EPNA 2203 Modul 8. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdikbud.
Bogdan, Robert C. dan Sari Knopp Biklen, 1992. Qualitative Research for Education and Introduction to The Theory and Methode. Boston: Allyn and Bacon.
Brown, Ann Cole dkk.1984. Grammar and Composition. Boston, MA: Houghton Mifflin Company.
Cleary, Linda Miller dan Michael D Linn. 1993. Linguistics for Teacher. New York: McGraw-Hill, Inc.
Dahar, Ratna Willis. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLPTK.
Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikti PPGSM.
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Depdiknas. 2003. Ketentuan-ketentuan Umum Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.
Ghazali, Abdul Syukur. 2001.â€ÂStrategi Belajar Kooperatif dalam Belajar Mengajar†Sumber Belajar Kajian Teori dan Aplikasi. Nomor I Th 8.
Halim, Amran; Jazir Burhan; dan Haroen Al Rasjid, 1974. Ujian Bahasa: Petunjuk Ringkas untuk Membuat Soal, Melaksanakan, Menilai, dan Menafsirkan Hasil. Bandung: Ganaco.
Hadiwidjojo, Purbo. 1993. Menyusun artikel ilmiah Teknik. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Handoyo, Budi dkk. 2004. Pendidikan IPS SD (Dilengkapi Model-model Pembelajaran Kontekstual untuk Dosen dan Mahamahasiswa PGSD. Malang: Geo Spektrum Press.
Harsiati, Titik. 2002. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri malang.
Hays, Robert. 1965. Principles of Technical Writing. America: Addison-Wesley Publishing Company, Inc.
Ibrahim, H. Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Ibrahim, H. Muslimin dan Mohamad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.
Keraf, Gorys. 1977. Komposisi: Sebuah Pengantar kepada Kemahiran Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.
Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.
Kearf, Gorys. 1987. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Semarang: Bumi Putera.
Kusumah, Encep; Yeti Mulyati; Maman Suryaman. 2002. Menulis 2. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Kemmis, Stephen dan Robin Mc-Tagart. 1992. The Actions Research Planner. Victoria: Deakin University.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI-Press.
Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Miles, Matthew B. dan A.Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.
Moeliono, Anton M. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Moleong, L. T. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nunan, David. 1991. Learning Teaching Methodology: A Tex Book for Teacher. London: Prentice Hall.
Nurhadi; Dawud; Yuni Pratiwi. 2000. Pelajaran ahasa Indonesia untuk SLTP Kelas 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nur, Mohamad; Prima Retno Wikandari. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Mahasiswa dan Pendekatan Konstrutivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
O’Malley, M.J. dan L.V. Pierce. 1996. Authentic Assessment for English Language Learner: Practical Approaches for Teachers. United States of America: Addison-Wesley Publishing Company.
Oxford, Rebecca L. 1990. Language Learning Strategies. Boston: Heinle & Heinle Publishers.
Rofi’uddin, Ahmad. 1988. Rancangan Penelitian Tindakan.(makalah). Disajikan dalam Lokakarya Tingkat Lanjut Penelitian Kualitatif Angkatan IV Tahun 1997/1998. Malang: Lemlit IKIP Malang.
Rofi’uddin, Ahmad. 1994. Ragam Tes Bahasa. Malang: FPBS IKIP Malang.
Rofi’uddin, Ahmad. 2002. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Malang: Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Indonesia, Universitas negeri Malang.
Richards, Jack C. & Willy A. Renadya. 2002. Methodology in Language Teaching. New York: Cambridge University.
Safari. 1995. Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Kertanegara.
Stone, Jeanne M. 1990. Cooperative Learning and Language Arts: A Multiple Approach. California: Resources for Teachers, University of California.
Subyakto, Sri Utari. 1988. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Dirjen Dikti, PPLPTK.
Sukamto, Toeti dan Udin Sarifudin W. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pusat antar Universitas untuk PPAI. Dirjen Dikti.
Suparno dan Mohammad Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas UI.
Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: BP3SD, Dirjen Dikti, Depdikbud.
Syafi’ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti, Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur.1990. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Temple, Charles dkk. 1988. The Beginnings of Writing. Boston: Allynand Bacon, Inc.
Thornton, Geoffrey. 1980. Teaching Writing: The Development of Written Language Skills.London: Edward Arnold, Ltd.
Tomkins, Gael E. dan K. Hoskisson. 1991. Teaching Writing Process and Product. New York: Mc Milan College Publishing Company.
Tomkins, Gael E. 1994. Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York: Mc Milan College Publishing Company.
Yunus, Mohamad. 2000. Menulis I: Hakikat Menulis, EPNA 2203 Modul 1. Jakarta. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.