Penguatan Karakter Diri Melalui Pembelajaran Drama Berbasis Kearifan Lokal Pada Mahasiswa

  • Sabitul Kirom Universitas Islam Balitar
Keywords: kearifan lokal, pembelajaran drama, penguatan karakter diri

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang penguatan karakter diri melalui pembelajaran drama yang berbasis kearifan lokal pada mahasiswa yang terfokus pada (1) perancangan pembelajaran dan (2) penerapan pembelajaran drama yang berbasis kearifan lokal untuk penguatan karakter pada mahasiswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu perancangan pembelajaran drama yang berbasis kearifan lokal dilakukan dengan mengintegrasikan dua unsur utama yakni kearifan lokal dan nilai pendidikan karakter ke dalam pembelajaran yang terdokumentasi ke dalam kontrak kuliah, RPPS, silabus, dan evaluasi penilaian pembelajaran. Selanjutnya, penerapan pembelajaran drama yang berbasis kearifan lokal tercermin melalui proses pembelajaran. Unsur kearifan lokal khususnya kearifan lokal di wilayah Blitar diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran drama. Unsur kearifan lokal tersebut meliputi unsur budaya, cerita rakyat, dan kesenian daerah. Pengintegrasian unsur kearifan lokal ke dalam pembelajaran tersebut juga digunakan sebagai penguatan pendidikan karakter pada mahasiswa.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.
Asriati, N. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. Vol. 3 No.2 pp. 106-119.
Efendi, A. (2002). Diktat Kuliah Telaah Drama. Yogyakarta: FBS UNY.
Endraswara, S. (2005). Metode dan Teori Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.
Jamaludin. (2003). Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Prosa. Jakarta: Nobel Edumedia.
Lickona, T. (2012). Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Diterjemahkan oleh Juma Abdu Wamaungo dan Jean Antunes Rudolf Zien. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ritme. Vol. 2 No. 1. pp. 17-26.
Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. Vol 4 (1). pp. 21-28.
Waluyo, Herman J. (2001). Drama “Teori Pembelajarannya”.Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya Yogyakarta.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2018-01-31
How to Cite
Kirom, S. (2018). Penguatan Karakter Diri Melalui Pembelajaran Drama Berbasis Kearifan Lokal Pada Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 40-52. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2243
Section
Articles