Asesment Model Strategi Coping Orangtua Murid untuk Permasalahan Anak Usia Dini

Main Article Content

Rina Wijayanti
Mochammad Ramli Akbar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses coping yang dilaksanakan oleh orangtua dan untuk mengetahui manfaat dan kendala dari strategi serta proses coping yang sudah diaplikasikannya. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus, dan teknik analisis model Miles & Huberman. Penelitian ini dilaksanakan pada 7 (tujuh) sekolah di Gugus 9 Sukun Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, model strategi coping yang dilaksanakan oleh orangtua untuk mengatasi permasalahan anak usia dini adalah menggunakan (1) problem focused coping dan (2) emotional focused coping, melalui mekanisme review permasalahan terlebih dahulu. Emotional focused coping yang dilaksanakan oleh orangtua untuk anak usia dini difokuskan pada tujuan akhir dan bukan pada penyelesaian permasalahan. Proses pembelajaran strategi coping untuk anak usia dini juga memiliki proses yang mirip dengan emotional focused coping, dimana orangtua tidak memiliki peran yang lebih banyak pada proses pembelajaran strategi coping pada anak. Proses pembelajaran strategi coping yang tepat sangat dibutuhkan oleh anak usia dini untuk modal kemampuan anak dalam menangani stress dan menyelesaikan permasalahan dengan cara yang tepat.

Article Details

How to Cite
Wijayanti, R., & Akbar, M. R. (2018). Asesment Model Strategi Coping Orangtua Murid untuk Permasalahan Anak Usia Dini. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 79–83. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2246
Section
Articles

References

Akbar, Mochammad Ramli, Strategi Coping Untuk Mengatasi Stres Anak, tesis, Universitas Negeri Jakarta, 2015
Santoso, Soegeng, Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya – Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Makalah V, 2010), 2011
Land, Betty & Terry Norton, Coping With Separation Anxiety (Early Childhood Education Journal, Vol.18 September 1984 – June 1985)
Pienaar, Fiona Gail, New Zealand Children’s Experiences of Stress and Coping, Theses Doctoral, The University of Auckland, New Zealand, 2010, diakses pada 18/01/2018 pada https://researchspace.auckland.ac.nz/handle/2292/5808
Russo, Theresa J dan Moira A. Fallon, Helping Military Families Who Have A Child With a Disability Cope with Stress (Early Childhood Education Journal, Vol.29, September 2001 – June 2002)
Wiriani, Ni Putu & Wieke Diah Partasari, Gambaran Stress dan Coping Anak Yang Memiliki Saudara Kandung Penderita Autisme, Jurnal Psikologi – Volume 2, No. 2, Desember 2008
Ketchel, Judy Ansell, Helping The Young Child Cope with Death (Early Childhood Education Journal, Vol.14, September 1986 – June 1987)
Saddock, Benjamin J & Virginia A. Sadock, Kaplan & Sadock's Comprehensive Textbook of Psychiatry, (Philadelphia, Lippincott Williams & Wilkins Publishers; 7th edition, 2000), h. 6273
Nilawaty, Cheta, “Mom, Anak Juga Bisa Stress”, Koran Tempo – Rubrik Sehat, Minggu, 25 Maret 2012