Perbedaan Strategi Talking Stick dan Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPS

  • Siti Halimatus Sakdiyah PGSD Universitas Kanjuruhan Malang
  • Achmad Maulana Malik Jamil Universitas Kanjuruhan Malang
  • Harun Harun Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Hasil belajar, Talking Stick, Numbered Head Together(NHT).

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan model Numbered Head Together (NHT) siswa kelas IV. Hal ini dilakukan karena proses pembelajaran IPS dikelas IV SDN Gadang 4 Malang masih menggunakan metode ceramah, hafalan dan pemberian tugas, dimana guru menerangkan sedangkan siswa mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan tugas. Keterlibatan siswa disini adalah keterlibatan pasif, komunikasi terjalin satu arah, hal ini yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dirancang menggunakan Quasi Experiment. Dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Variabel bebasnya model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Variabel terikatnya hasil belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gadang 4 Malang, dengan jumlah 44 siswa. Pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 22 siswa dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 22 siswa. Untuk mengumpulkan data tersebut diperlukan tes dan uji hipotesisnya menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan Numbered Heads Together (NHT) pada pelajaran IPS kelas IV SDN Gadang 4 Malang, dengan nilai signifikansi 0,035 < 0,05 dan Fhitung sebesar 0,264. Jika sig > 0,05 maka Ho = diterima , dan jika sig < 0,05 maka Ho = ditolak. Artinya bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Jika Ho ditolak maka ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar menggunakan model Talking Stick dengan siswa yang diajar menggunakan model Numbered Head Together (NHT). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan Numbered Heads Together (NHT) pada pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Brongkal Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ali, I (2010), NHT (Numbered Heads Together), http://iqbalali.com/2010/01/03/nht-numbered-heads-together/, diakses desember 2016
Puskur. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas
Priyatno, Dwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media
Ramadhan, 2010. Sejarah Model Pembelajaran Talking Stick dalam (http://tarmizi.wordpress.com/2010/02/15/taking-stick/) diakses desember 2016
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2018-01-31
How to Cite
Sakdiyah, S., Malik Jamil, A., & Harun, H. (2018). Perbedaan Strategi Talking Stick dan Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 72-78. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2247
Section
Articles