Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan kemampuan technological pedagogical content knowledge (TPACK) pada mahasiswa calon guru fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru fisika yang berjumlah 10 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi, angket dan lembar wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil positif. Mahasiswa menganggap bahwa melalui pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Fisika kemampuan TPACK mahasiswa meningkat. Dari penelitian ini juga dapat disimpulkan perlu adanya penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan TPACK mahasiswa calon guru.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Anyanwu, S., & Iwuamad, F. (2015). Student-centered Teaching and Learning in Higher Education: Transition from Theory to Practice in Nigeria. International Journal of Education and Research, Vol. 3(No. 8), 349–358.
Kurdi, F. N. (2009). Penerapan Student-Centered Learning Dari Teacher-Centered Learning Mata Ajar Ilmu. FKIP Unsri, 108–113.
Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H., & Ayas, C. (2013). Exploring Relationship Among TPACK Component And Development of the TPACK Instrument. Educational InfTechnol. https://doi.org/10.1007/s10639-013-9278-4
Purwaningsih, E., & Yuliati, L. (2015). Prospective Physics Teacher Ability on Designing Lesson Plan at Senior High School in Term the TPACK Framework. In Proceedings International Cenference on Mathematiics, Science and Education. Mataram: University of Mataram.
Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. JRTE, 42(2), 123–149.
Sholihah, M., Yuliati, L., & Wartono. (2016). PERANAN TPACK TERHADAP KEMAMPUAN CALON GURU FISIKA DALAM PEMBELAJARAN POST-PACK. Jurnal Pendidikan: Teori, Enelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 144–153.
Srisawasdi, N. (2012). The role of TPACK in physics classroom : case studies of preservice physics teachers, 46, 3235–3243. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.043
Sumarsono, T., Malik, A., & Sutrisno. (2012). Penerapan Kerangka Kerja “TPACK†dan Konten Pembelajaran “Blended Learning†untuk Meningkatkan TPACK. In Seminar Nasional Cakrawala Pembelajaran Berkualitas di Indonesia. Retrieved from http://ris.ksw.edu/download/jurnal/kodeJ00812
Suryawati, E., Firdaus, L. N., & Hernandez, Y. (2014). ANALISIS KETERAMPILAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPCK) GURU BIOLOGI SMA NEGERI KOTA PEKANBARU. Jurnal Biogenesis, 11(1), 67–72.
Yaumi, M. (2011). Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 6(108), 1017–1054.
Yenni. (2017). Analisis kemampuan mahasiswa dalam menyiapkan pembelajaran yang efektif pada mata kuliah sbmm. JPPM, 10(2).