Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Religi dalam Menangani Problematika Kenakalan Anak SDN Gadang 1 Malang

Main Article Content

Prihatin Sulistyawati
Vera Hayatun Sunnah
Dwi Agus Setiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter berbasis religi sebagai upaya guru dalam menangani problematika kenakalan anak di Sekolah Dasar Negeri Gadang 1 Malang, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Studi Kasus. Subjek penelitian adalah siswa, guru kelas I sampai VI, guru pelajaran pendidikan agama Islam, Kristen, dan Budha, serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis religi melalui pengembangan diri dan budaya sekolah di SDN Gadang 1 Malang cukup baik dan berhasil dijalankan melalui kegiatan rutin, spontan, keteladanan guru, pembimbingan, pendekatan, perhatian intensif pada siswa, dan pengkondisian sekolah yang berupaya dalam menangani problematika kenakalan anak agar semakin menurun. Hasil penelitian menjadi bahan kajian dalam pendidikan karakter yang lebih baik lagi.

Article Details

How to Cite
Sulistyawati, P., Sunnah, V. H., & Setiawan, D. A. (2018). Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Religi dalam Menangani Problematika Kenakalan Anak SDN Gadang 1 Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 37–44. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2639
Section
Articles

References

Alfajar, Lukman Hakim. 2014. Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. Jurnal Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifin, Zainal. 2012. Pendidikan Multikultural-Religius untuk Mewujudkan Karakter Peserta Didik yang Humanis-Religius. Jurnal Pendidikan Islam: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Azzet, Ahmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darmiyati, dkk. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan: Universitas Negeri Yogyakarta.

Febriana, Laily Istanti. 2013. Hubungan Pendidikan Karakter dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2012/2013). Jurnal Pendidikan Agama Islam: Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

Haryati, Sri. 2017. Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: UTM

Judiani S.2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Edisi Khusus III, Oktober 2010

Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan : Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Kemendiknas. 2011. Kebijakan Nasional Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Litbang Kemendiknas.

Moleong, J. Lexy. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murniyetti, Engkizar,dan Anwar F.2016. Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor 2, Oktober 2016

Mutakin, Tatan Zenal. 2014. Penerapan Teori Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam: Universitas Indraprasta PGRI.

Nur,Haerani. 2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal PendidikanKarakter,Tahun III,Nomor 1, Februari 2013

Puspitasari R, Hastuti D, dan Herawati T.2015. Pengaruh Pola Asuh Disiplin Dan Pola Asuh Spiritual Ibu Terhadap Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal PendidikanKarakter, Tahun V, Nomor2, Oktober 2015

Rohendi Edi.2016. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Eduhumaniora, Vol. 3, No.1 2016

Siswanto.2013. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius. Jurnal Pendidikan: Universitas Tarbiyah Pamekasan.

Sobri, Ahmad Yusuf. 2015. Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Religi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Malang.

Sudrajat,Ajat.2011. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter,Tahun I, Nomor 1, Oktober 2011

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sultoni, Achmad. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Bidang Studi Biologi dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Islam: Universitas Negeri Malang.

Sunusi, Syamsul. 2016. Hubungan Pendidikan Karakter dengan Budi Pekerti Siswa di SMP Negeri 2 Galesong Kabupaten Takalar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial: Unirversitas Negeri Makassar.

Utami, Annis Titi. 2014. Pelaksanaan Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. Jurnal Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Yogyakarta.

Whitney dan Miriam. 2014. Keterlibatan Peran dan Keyakinan Orang Tua dalam Jaringan Sosial dan Kepercayaan. Terjemahan Setiawan, Dwi Agus. 2017. Yogyakarta: UNY Program Pascasarjana dalam Sajian Matakuliah Seminar Kontemporer Pendidikan.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter : Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, Novan Ardi. 2013.Desain Budaya Islami di SD. Jurnal Dialektika Prodi PGSD. 2 (1): 1

Wuryandani W, Maftuh B, Sapriya, dan Budimansyah D.2014. Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar Cakrawala Pendidikan, Juni 2014, Th. XXXIII, No. 2

Zuchdi, Dimyati. 2010. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif. Yogyakarta: Univ. Press