Studi Respon Siswa SMP Terhadap Levels Of Inquiry Model Pada Pembelajaran IPA

  • Novia Novia Universitas Tadulako
  • Riandi Riandi Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Noor Novianawati Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran levels of inquiry model pada pembelajaran IPA secara keseluruhan dan berdasarkan setiap aspeknya. Terdapat sembilan aspek yang terkait dengan respon siswa pada terhadap Levels of Inquiry Model. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran informasi mengenai subjek penelitian. Respon siswa diukur mengunakan Skala Guttman dengan jumlah pertanyaan sebanyak 9 soal. Selain menggunakan kuesioner, penelitian ini juga menggunakan instrumen wawancara terstruktur. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam peneitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VII tahun ajaran 2014/2015 di SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Sampel dari penelitian ini adalah salah satu kelas VII yaitu kelas VII C. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kuantitatif dapat dikatakan bahwa hampir semua siswa (86,7%)  menyukai pembelajaran yang dilakukan dengan model levels of inquiry dengan berbagai alasan, seperti dapat lebih aktif belajar, menyenangkan, lebih memahami materi yang disajikan, menemukan konsep sendiri dan menjadi lebih bersemangat. Hal ini menunjukkan bahwa siswa siap belajar karena telah biasa melakukan pembelajaran levels of inquiry dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melaksanakan pembelajarannya.
Published
2018-09-05
How to Cite
Novia, N., Riandi, R., & Novianawati, N. (2018). Studi Respon Siswa SMP Terhadap Levels Of Inquiry Model Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 45-52. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2640
Section
Articles