Pengaruh Teknik Tiru Model Berbasis Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang

Main Article Content

Bunga Febrimora
Mimi Silvia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang sebelum diterapkan teknik Tiru Model berbasis model Problem Based Learning. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang sesudah diterapkan teknik Tiru Model berbasis model Problem Based Learning. Ketiga, menganalisis pengaruh penerapan teknik Tiru Model berbasis model Problem Based Learning terhadap keterampilan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode deskriptif analisis. Desain penelitian ini adalah pre-test and post-testone group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017 sebanyak 442 siswa. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X TKJ-1 yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan memproduksi teks negosiasi sebelum diterapkan teknik Tiru Model berbasis model Problem Based Learning berada pada kualifikasi “cukup†(63,06). Kedua, keterampilan memproduksi teks negosiasi sesudah diterapkan teknik Tiru Model berbasis model Problem Based Learning berada pada kualifikasi “lebih dari cukup†(75,66). Ketiga, terdapat pengaruh penerapan teknik Tiru Model berbasis model Problem Based Learning terhadap keterampilan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang setelah dilakukan uji-t pada taraf 0,95, diperoleh thitung> ttabel atau 5,36>1,75.Jadi dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Hi diterim

Article Details

How to Cite
Febrimora, B., & Silvia, M. (2018). Pengaruh Teknik Tiru Model Berbasis Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Memproduksi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 68–76. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2642
Section
Articles

References

Abdurrahman dan Ellya Ratna. 2003. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan SastraIndonesiaâ€. Buku Ajar. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBSS,UNP.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Indonesia.

Kemendikbud. 2015 “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan†Buku Guru. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, Dan Kaidah Serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.