E-Rubric Kerja Ilmiah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Efektifitas Proses Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Rubrik merupakan suatu perangkat penilaian yang cocok digunakan dalam penilaian bertingkat dan bertahap. Pengembangan e-rubric kerja ilmiah dengan menggunakan model inkuiri sangat cocok untuk mengatasi efisiensi proses penilaian kerja ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi e-rubric sangat efektif dalam menilai kerja ilmiah siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Aji, S. D., & Hudha, M. N. (2013). Kerja Ilmiah Siswa Smp Dan Sma Melalui Authentic Problem Based Learning (Apbl). Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 6(1), 574–581.
Aji, S. D., & Hudha, M. N. (2015). Dampak PBL Terhadap Kerja Ilmiah Mahasiswa pada Perkuliahan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 708–714.
Aji, S. D., Hudha, M. N., Huda, C., NANDIYANTO, A. B. D., & ABDULLAH, A. G. (2018). the Improvement of Learning Effectiveness in the Lesson Study By Using E-Rubric. Journal of Engineering Science and Technology, 13(5), 1181–1189.
Dickinson, P., & Adams, J. (2017). Values in evaluation – The use of rubrics. Evaluation and Program Planning, 65, 113–116. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2017.07.005
Gallegos, C., Tesar, A. J., Connor, K., & Martz, K. (2017). The use of a game-based learning platform to engage nursing students: A descriptive, qualitative study. Nurse Education in Practice, 27, 101–106. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2017.08.019
Hudha, M. N., Aji, S. D., & Huda, C. (2018). E-Rubric: Scientific Work Based on Android for Experimental Physic. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012100
Kitot, A. K. A., Ahmad, A. R., & Seman, A. A. (2010). The effectiveness of inquiry teaching in enhancing students’ critical thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7(C), 264–273. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.037
Mariani, B., Fey, M. K., & Gloe, D. (2018). The Simulation Research Rubric: A Pilot Study Evaluating Published Simulation Studies. Clinical Simulation in Nursing, 22, 1–4. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2018.06.003
Menéndez-Varela, J. L., & Gregori-Giralt, E. (2018). Rubrics for developing students’ professional judgement: A study of sustainable assessment in arts education. Studies in Educational Evaluation, 58(June), 70–79. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.06.001
Mulder, Y. G., Lazonder, A. W., & De Jong, T. (2014). Using heuristic worked examples to promote inquiry-based learning. Learning and Instruction, 29, 56–64. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2013.08.001
Pratama, Nurris Septa; Istiyono, E. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (HOTS) Pada Kelas X Di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6, 9. https://doi.org/ISSN : 2302-7827