Peran Self-Efficacy Dan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Universitas Timor – Kefamenanu

Main Article Content

Elisabeth Kristanti Yohanes P. V. Mambur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peran self-efficacy dan iklim kelas terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa Universitas Timor. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Timor. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random dan pengumpulan data menggunakan skala iklim kelas, skala self-efficacy dan skala motivasi berprestasi. Analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas alat ukur dan analisis uji hipotesis. Uji validitas terhadap skala iklim kelas yang terdiri dari 75 aitem, 32 aitem gugur dan 43 aitem yang valid diperoleh nilai reliabilitas 0,920. Pada skala self-efficacy berjumlah 95 aitem, 26 aitem diantaranya gugur dan 69 aitem yang valid memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,929. Skala motivasi berprestasi yang terdiri dari 45 aitem, 12 aitem gugur dan 33 aitem yang valid memiliki nilai reliabilitas 0,814. Hasil penelitian diperoleh nilai F sebesar 17,729 lebih besar dari F tabel (3,04), dengan nilai probabilitas (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel self-efficacy dan iklim kelas berperan terhadap motivasi berprestasi. Nilai R (sumbangan efektif) sebesar 0,384 yang berarti 38,4 % variansi motivasi berprestasi secara bersama-sama dipengaruhi oleh self-efficacy dan iklim kelas.

Article Details

How to Cite
Kristanti, E., & Mambur, Y. (2019). Peran Self-Efficacy Dan Iklim Kelas Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Universitas Timor – Kefamenanu. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 1-9. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.2824
Section
Articles
Author Biography

Elisabeth Kristanti, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor, Kefamenanu, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur

Saya, E. Krisanti, staff pengajar pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor Kefamenanu, bidang ilmu Psikologi dengan konsentrasi pada Psikologi Pendidikan dan Psikologi Perkembangan