Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

  • Prodensia Tuku PENULIS PERTAMA
  • Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien Universitas Negeri Makassar
  • Iskandar Ladamay Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengatasi  kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model Scramble.  Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen, sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu sampel kelas eksperimen dan sampel kelas kontrol, pemilihan kedua sampel tersebut untuk melihat perbandingan peningkatan motivasi belajar  pada mata pelajaran PKn yang di peroleh dari kedua kelas sampel tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara dan pembagian angket. Dari hasil penelitian   yang diuji dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS  22,0 versi windows  dan rumus  kriteria pengingkatan motivasi belajar menunjukan hasil sebagai berikut, pada kelas eksperimen dengan jumlah responden  32 orang mendapatkan prosentasi peningkatan motivasi belajar  pada mata pelajaran PKn  adalah  93,5%  yang diperoleh dari hasil tes setelah mendapat perlakuan model scramble.  Sedangkan prosentasi yang  diperoleh pada kelas kontrol  setelah  belajar dengan menggunakan model konvensional dengan jumlah responden 32 orang memperoleh prosentasi  65,3%.   Kesimpulan dari penelitian ini adalah  penerapan model scramble  pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Abduhzen. (2013). Kurikulum 2013, Profesionalisme Guru Antara Harapan Kenyataan”. Suara Guru (Edisi Mei-Juni 2013)

Anne jordan. (2016). Mempersiapkan guru untuk kelas inklusif. (https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.02.010 di akses pada tanggal 20 oktober 2018)

Asih. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Scramble Berbasis Power Point Pada Siswa Kelas Va. Sdn Bendan Ngisor Kota Semarang “ Skripsi Pada Universitas Muria Kudus Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Programn Studi PGSD : Tidak Diterbitkan. ( Diakases Pada Tanggal 7 Juli 2018)

Eurydice, T. W. S. (2018). Pendidikan kewarganegaraan - persepsi siswa Portugis (https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.367. di akses pada tanggal 11 April 2018)

Fernanda Nogueira. (2016). Pendidikan kewarganegaraan - persepsi siswa Portugis (https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.367. di akses pada tanggal 11 April 2018)

Hanafiah. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Hasbullah. (2015). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Rajawali Pers

jusmiati. (2018). Jusmiati. 2016. Penerapan Metode Dikusi Kelompok Pada Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bilo(http://jurnal.untad.acid/jurnal/index.php. di akses pada tanggal 6 juli 2018).

komalasari. (2014). Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Refika Aditama.

Lukman. (2017). Pendidikan Pancasila Dan Kewaranegaraan. Jakarta: Gramedia

Mardenis. (2017). Mardenis. 2017. Pendidikan Kewargasnegaraan Dalam Rangka Pengembangan Kepribadian . Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2017.

Nasrul. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Round Table Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri 004 Domo Kecamatan Kampar kiri (http:/www.google.co.id/nasrul+2016+penerapan+model+round+table+pada+mata+pelajaran PKn. di akses pada tanggal 6 juli 2018)

Richard A. Villa. (2017). Pengajaran kolaboratif untuk pendidik guru — Apa yang dikatakan oleh penelitian. (https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.02.009 di akses pada tanggal 20 oktober 2018)

Roy Bawe. (2018). Roy Bawe. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Di SDN Kledokan Depok. (http://journal.student.uny.ac.id di akses pada tanggal 6 juli 2018), 2018.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group., 2008.

Sumantri. (2016). Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Ditingkat Dasar. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Suyanto. (2018). Strategi Meningkatkan Kualifikasi Guru Dan Kualitas Guru Di Era Global: Erlangga.

Tesfaye Semela. (2013). Jurnal 19. Andi P. Jurnal Internasional Pengembangan Pendidikan, 33, 156–164.

Ubaedillah. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung : Refika Aditama.

winkel. (2004). Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

zamroni. (n.d.). Zamroni. 2003c. Pendidikan Kewarganegraan: tradisi dalam memelihara kehidupan majemuk, Warta PTM Edisi7 Th.XV,10-11 (Warta PTM).

Published
2019-03-04
How to Cite
Tuku, P., Hermuttaqien, B., & Ladamay, I. (2019). Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 45-51. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3011
Section
Articles