Pengaruh Penggunaan Peta dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD

  • Ratih Dewi Anggraeni Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan peta dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasionalyang melibatkan 35 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data diantaranya tes, angket dan dokumentasi. Uji Instrumen untuk tes dan angket adalah uji validitas dan reliabilitas, khusus untuk tes dilakukan uji tingkat kesukaran soal. Uji Prasyarat analisis terdiri dari beberapa uji asumsi klasik. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan secara parsial penggunaan peta terhadap hasil belajar siswa; 2) terdapat pengaruh signifikan secara parsial  motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa; 3) terdapat pengaruh signifikan secara simultan penggunaan peta dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar

References

Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

Aritonang, keke T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, (10), 11–21.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Halimatus, S.S. 2017. Pembelajaran IPS SD. Malang: Ediide Infografika

Kartika. (2014). Pengaruh Media Peta InteraktifTerhadap Pemahamandan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV SD. Jurnal Pendidikan, 4(1), 65-78.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Mursiti. (2006). Pengaruh Penggunaan Media Peta Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah di SD Sampangan 03 Semarang.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa ( The Impacts of Students ’ Learning Interest and Motivation on their Learning Outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 80–93.

Sahidin, L., & Jamil, D. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 211–222.

Sardiman, A. S. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Susanto, A.2014.Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenadamedia Group

Sari, M. K. (2013). Pengaruh Media Peta Interaktif Terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Premiere Education, 4(1), 65–78.

Syaiful, B. 2002. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta

Usman, M.O. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja

Yuniawati, R. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Peta Konsep dan Motivasi Belajar Terhadap hasil Belajar IPS Kelas VII SMP Negeri Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 11(2), 253–266.

Yusmantara, U. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Peta Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V (Lima) Sekolah Dasar, 5(1).

Published
2019-03-14
How to Cite
Anggraeni, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Peta dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 52-59. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/3037
Section
Articles