Pengaruh Penggunaan Peta dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan peta dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasionalyang melibatkan 35 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data diantaranya tes, angket dan dokumentasi. Uji Instrumen untuk tes dan angket adalah uji validitas dan reliabilitas, khusus untuk tes dilakukan uji tingkat kesukaran soal. Uji Prasyarat analisis terdiri dari beberapa uji asumsi klasik. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan secara parsial penggunaan peta terhadap hasil belajar siswa; 2) terdapat pengaruh signifikan secara parsial motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa; 3) terdapat pengaruh signifikan secara simultan penggunaan peta dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â