Pengembangan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi pada Materi Hukum II Newton Indonesia

Main Article Content

Putri Theresia Sitopu
Abdurrahman Abdurrahman
Kartini Herlina

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari analyze, design, development. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan data campuran (mix method). Hasil penelitian menunjukkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak digunakan dan mampu meningkatkan kemampuan multirepresentasi peserta didik melalui uji validitas dan uji coba kelompok kecil. Hal tersebut dapat dilihat dari skor uji validitas yang terdiri dari uji ahli materi dan desain. Rata-rata skor yang diperoleh pada uji ahli materi dan uji ahli desain sebesar 3,385 dengan kategori sangat valid dan 3,456 dengan kategori sangat valid. Uji kelompok kecil terdiri dari uji keterbacaan dan uji efektivitas. Rata-rata skor pada uji keterbacaan sebesar 3,24 dengan kategori baik. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan soal pretest dan postest dengan indikator soal yang digunakan ialah indikator kemampuan multirepresentasi sehingga diperoleh nilai n-gain sebesar 0,6 dengan kriteria sedang, dan nilai sig. pada uji sample paired t sebesar 0,000 yang artinya terdapat peningkatan kemampuan multirepresentasi setelah menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inukiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi adalah layak digunakan dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar.

Article Details

How to Cite
Sitopu, P. T., Abdurrahman, A., & Herlina, K. (2019). Pengembangan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi pada Materi Hukum II Newton: Indonesia. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 71–76. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3261
Section
Articles

References

Abdurrahman, A. (2018). Efektivitas dan Kendala Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri terhadap Capaian Dimensi Kognitif Siswa: Meta Analisis. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 1. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1206

Abdurrahman, A. (2019). Implementating Multiple Representation-Based Worksheet to Develop Critical Thinking Skills. 16(1), 138–155. https://doi.org/10.12973/tused.10271a

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BNSP Depdiknas.

Di, N., Negeri, S. M. A., Wulandari, E., & Rohmawati, L. (2017). Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ( JIPF ) ISSN : 2302-4496 MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM Eka Wulandari , Suliyanah , Lydia Rohmawati Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ( JIPF ) ISSN : 2302-4496 Eka Wulandari , Suliyanah. 06(03), 258–264.

Farida Ardiyanti, W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Kaunia.

Hasmiati. (2017). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada. 5, 21–35.

Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology and Society.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., … Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003

Putri, N. R., Tandililing, E., & Mursyid, S. (n.d.). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Hukum Newton di SMP.

Rizal, M., Linguistik, G., & Spasial, V. (n.d.). Pengembangan Lks Fisika Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk ( Multiple Intelligence ) Materi Alat Optik Pada Kelas Viii Smp Negeri 01 Madiun. 120–127.

Septiani, D., Ridlo, S., & Setiati, N. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis multiple intelligences pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Journal of Biology Education.

Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan dampak terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1988

Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.308

Waldrip, B., Prain, V., & Carolan, J. (2006). Learning Junior Secondary Science through Multi-Modal Representations. Electronic Journal of Science Education, 11(1), 87–107. https://doi.org/10.2136/sssaj2009.0437

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Cakrawala Pendas.