Potret Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGSD Universitas Tadulako
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis dan motivasi berprestasi mahasiswa. Kegiatan pembelajaran IPS di kelas belum dapat melatihkan dan mengukurnya dengan kemampuan berpikir kritis, dan motivasi berprestasi dengan tepat. Instrumen yang digunakan diadaptasi dari tes terstandar berpikir kritis yaitu Illinois CriticaL Thinking Essay dan angket motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah kelas A, B dan C PGSD FKIP Universitas Tadulako angkatan 2017 yang berjumlah 132 mahasiswa tahun akademik 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis rata-rata mahasiswa kelas A sebesar 45% kemudian untuk kelas B sebesar 39,7% dan kelas C sebesar 40,7%. Profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada kelas A berdasarkan kriteria tinggi sebesar 22,7%, sedang 70,4% dan rendah 6,8%. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa di kelas B dengan kriteria tinggi 13,6%, sedang 72,7%, rendah 13,6%, sedangkan di kelas C mahasiswa dengan kriteria tinggi 20,4%, sedang 72,7% dan rendah sebesar 6,8%. Gambaran motivasi berprestasi mahasiswa berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa motivasi belajar tertinggi adalah di kelas A sebesar 84%, kelas C 68% dan kelas B 59%.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â