PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR IKATAN KIMIA SISWA KELAS X-RPL SMK NEGERI 12 MALANG MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIF LEARNING) TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN MODALITAS SISWA

Main Article Content

Pancayani Dinihari

Abstract

Hasil identifikasi masalah pembelajaran diketahui bahwa akar masalah rendahnya kualitas proses dan hasil belajar adalah (1) siswa belum bisa menghubungkan konsep konfigurasi elektron dengan letak golongan dan ikatan kimia, (2) siswa cenderung pasif, (3) motivasi siswa masih rendah, (4) siswa belum bisa belajar mandiri, dan (5) metode mengajar yang digunakan guru perlu diubah kearah pembelajaran inovatif. Model pembelajaran kooperatif dan modalitas siswa merupakan contoh model pembelajaran yang bermuara pada pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT dan modalitas siswa telah dapat (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran sekitar 80%  siswa berpartisipasi aktif, dan (2) meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada akhir siklus II sebanyak 81,8% siswa mencapai skor diatas skor ketuntasan belajar minimum (70).

 Kata kunci : Kualitas proses, Hasil belajar, Model kooperatif tipe TGT

Article Details

How to Cite
Dinihari, P. (2013). PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR IKATAN KIMIA SISWA KELAS X-RPL SMK NEGERI 12 MALANG MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIF LEARNING) TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN MODALITAS SISWA. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.21067/jip.v3i1.362
Section
Articles