Analisa Kesalahan Pengucapan Siswa-Siswi pada English Diphtongs Melalui Aplikasi Android “English Pronunciation By Kepham”

Main Article Content

Wulan Wangi
Sutami Dwi Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memamparkan data dan mendeskripsikan kesalahan pengucapan English Diphtongs pada siswa-siswa kelas X Jurusan Perikanan (APHP dan APAT) di SMKN 1 Glagah, Banyuwangi melalui aplikasi android “English Pronunciation, By Kephamâ€Â. Penelitian ini menggunakan  penelitian deskriptif kuantitatif dengan  beberapa langkah yaitu identifikasi, kategori, analisis dan menyimpulkan data. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes pengucapan, kuessioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata pada kesalahan pengucapan diftong adalah sebesar 55,60%  dengan kesalahan dikategorikan “sedangâ€Â. Jenis kesalahan pengucapan yang paling sering terjadi berada pada jenis substitutions dengan frekuensi sebanyak 513 kali pada delapan jenis diftong yaitu [eɪ], [aɪ], [Éâ€Ã‰Âª], [aÊŠ], [əʊ], [ɪə], [eÉ™], dan [ÊŠÉ™]. Kesalahan pengucapan omissions, terjadi pada dua jenis diftong yaitu [eɪ] dengan frekuensi kesalahan pengucapan 1 kali dan [əʊ] dengan frekuensi kesalahan pengucapan 1 kali. Untuk kesalahan pengucapan addition terjadi pada satu jenis diftong yaitu [eɪ] dengan frekuensi kesalahan pengucapan 1 kali. Hal-hal tersebut disebabkan karena 27 dari 58 responden (46,55%) mengakui bahwa mereka kadang-kadang dan tidak pernah dalam menggunakan smartphone untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri. Sebagian besar responden menggunakan smartphone untuk keperluan berinteraksi di dunia maya bersama teman, dan diskusi bersama dengan teman tentang mata pelajaran yang lainnya.

Article Details

How to Cite
Wangi, W., & Lestari, S. D. (2020). Analisa Kesalahan Pengucapan Siswa-Siswi pada English Diphtongs Melalui Aplikasi Android “English Pronunciation By Kepham”. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 12–19. https://doi.org/10.21067/jip.v10i1.3703
Section
Articles

References

Barakati, D.P. 2013. Dampak Penggunaan Smartphone Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications /84168-ID-dampak-penggunaan-smartphone-dalam-pembe.pdf

Daymut, J.A. 2009. Types of Articulation- A Simple Guide. Retrieved from https://www. superduperinc.com/handouts /pdf/201_TypesofArticulationErrors.pdf.

Hudson, J. (2016). The Sound of English – A Practical Course in British English Pronunciation. Retrieved from https://www.pdfdrive.com/the-sound-of-english-a-practical-course-in-british-english-pronunciation-e187069072.html

Kustanti, D., & Prihmayadial, Y. (2017). Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(01) https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1798

Lutfiansyah. 2016. Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android Pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Pengamatan Terhadap Sumber Belajar Berbasis Android Melalui Media Mobile Smartphone). Eduscience:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 16-22.

Pronunciation. (2016). In University of Technology, Sydney. Retrieved from https://www.uts.edu.au/ sites/ default/files/ Pronunciation%20e-Booklet.pdf

Roach, P. (2009). English Phonetics and Phonology. Cambridge: The Press Syndicate of the University of Cambridge

Setyowati, L., Ambarsari, Y., & Muthoharoh, N.B. ( 2017). Pelatihan Pelafalan Kata-kata Bahasa Inggris dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru-Guru Sakinah English Course. Jurnal E-Dimas, 8(1), 1-8.

Sholeh, A., & Muhaji, U. (2015). Pronunciation Difficulties Encountered By Efl Students in Indonesia: Sebuah Studi Kasus pada Mahasiswa Kelas Integrated Course Semester 1 Fkip Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 698-707. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.807

Smith, R. (2015). American English Pronunciation. Retrieved from https://www.pdfdrive.com/ american-english-pronunciation-rachels-english-e58498623.html