Analisa Kesalahan Pengucapan Siswa-Siswi pada English Diphtongs Melalui Aplikasi Android “English Pronunciation By Kephamâ€Â
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memamparkan data dan mendeskripsikan kesalahan pengucapan English Diphtongs pada siswa-siswa kelas X Jurusan Perikanan (APHP dan APAT) di SMKN 1 Glagah, Banyuwangi melalui aplikasi android “English Pronunciation, By Kephamâ€Â. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan beberapa langkah yaitu identifikasi, kategori, analisis dan menyimpulkan data. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes pengucapan, kuessioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata pada kesalahan pengucapan diftong adalah sebesar 55,60% dengan kesalahan dikategorikan “sedangâ€Â. Jenis kesalahan pengucapan yang paling sering terjadi berada pada jenis substitutions dengan frekuensi sebanyak 513 kali pada delapan jenis diftong yaitu [eɪ], [aɪ], [Éâ€Ã‰Âª], [aÊŠ], [əʊ], [ɪə], [eÉ™], dan [ÊŠÉ™]. Kesalahan pengucapan omissions, terjadi pada dua jenis diftong yaitu [eɪ] dengan frekuensi kesalahan pengucapan 1 kali dan [əʊ] dengan frekuensi kesalahan pengucapan 1 kali. Untuk kesalahan pengucapan addition terjadi pada satu jenis diftong yaitu [eɪ] dengan frekuensi kesalahan pengucapan 1 kali. Hal-hal tersebut disebabkan karena 27 dari 58 responden (46,55%) mengakui bahwa mereka kadang-kadang dan tidak pernah dalam menggunakan smartphone untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri. Sebagian besar responden menggunakan smartphone untuk keperluan berinteraksi di dunia maya bersama teman, dan diskusi bersama dengan teman tentang mata pelajaran yang lainnya.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Daymut, J.A. 2009. Types of Articulation- A Simple Guide. Retrieved from https://www. superduperinc.com/handouts /pdf/201_TypesofArticulationErrors.pdf.
Hudson, J. (2016). The Sound of English – A Practical Course in British English Pronunciation. Retrieved from https://www.pdfdrive.com/the-sound-of-english-a-practical-course-in-british-english-pronunciation-e187069072.html
Kustanti, D., & Prihmayadial, Y. (2017). Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(01) https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1798
Lutfiansyah. 2016. Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android Pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Pengamatan Terhadap Sumber Belajar Berbasis Android Melalui Media Mobile Smartphone). Eduscience:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 16-22.
Pronunciation. (2016). In University of Technology, Sydney. Retrieved from https://www.uts.edu.au/ sites/ default/files/ Pronunciation%20e-Booklet.pdf
Roach, P. (2009). English Phonetics and Phonology. Cambridge: The Press Syndicate of the University of Cambridge
Setyowati, L., Ambarsari, Y., & Muthoharoh, N.B. ( 2017). Pelatihan Pelafalan Kata-kata Bahasa Inggris dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru-Guru Sakinah English Course. Jurnal E-Dimas, 8(1), 1-8.
Sholeh, A., & Muhaji, U. (2015). Pronunciation Difficulties Encountered By Efl Students in Indonesia: Sebuah Studi Kasus pada Mahasiswa Kelas Integrated Course Semester 1 Fkip Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 698-707. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.807
Smith, R. (2015). American English Pronunciation. Retrieved from https://www.pdfdrive.com/ american-english-pronunciation-rachels-english-e58498623.html