Penerapan Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia

Main Article Content

Banu Kisworo
Kiki Fatkhiyani
Empat Patonah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia peserta didik pada materi hidrokarbon melalui penerapan process oriented guided inquiry learning kelas XI SMA Muhammadiyah Kedawung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan pembelajaran peserta didik pada proses pembelajaran. Pada kegiatan prasiklus keaktifan peserta didik diperoleh rata-rata skor 41,42, siklus I dengan skor 61,42 dan siklus II dengan skor 78,57. Hasil belajar peserta didik juga menunjukkan adanya peningkatan dari prasiklus diperoleh rata-rata nilai 63,69, siklus I sebesar 71,36 dan siklus II sebesar 79,08. Hasil penelitian menunjukkan model process oriented guided inquiry learningdapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kedawung Cirebon.

Article Details

How to Cite
Kisworo, B., Fatkhiyani, K., & Patonah, E. (2020). Penerapan Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 21–29. https://doi.org/10.21067/jip.v10i1.3918
Section
Articles

References

Douglas, E. P., & Chiu, C.-C. (2012). Process-oriented Guided Inquiry Learning inEngineering. Procedia -Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.652

Hanib, M. T., SUhadi, & Indriwati, S. E.(2017). Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Karakter Siswa Kelas X. Pendidikan.

Hanson M. David. (2006). Instructor’s Guide to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. Pacific Crest.

Hunnicutt, S. S., Grushow, A., & Whitnell, R. (2015). Guided-inquiry experiments for physical chemistry: The POGIL-PCL model. Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.1021/ed5003916

Jaffe, L., Gibson, R., & D’Amico, M. (2015). Process-oriented guided-inquiry learning: A natural fit for occupational therapy education. Occupational Therapy in Health Care. https://doi.org/10.3109/07380577.2015.1010030

Kemmis, S., Mc Taggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. In The Action Research Planner. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Kisworo, B., & Gusman, T. A. (2019, December). Process oriented guided inquiry learning to increase student’s critical thinking ability on chemistry learning at Islamic High School in Cirebon. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2194, No. 1, p. 020050). AIP Publishing LLC.

Kussmaul, C. (2012). Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) for computer science. SIGCSE’12 -Proceedings of the 43rd ACM Technical Symposium on Computer Science Education. https://doi.org/10.1145/2157136.2157246

Malik, A., Oktaviani, V., Handayani, W., & Chusni, M. M. (2017). Penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.21009/1.03202

Murniasih, T. R. (2015). Summary for Policymakers. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 691–697. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.806

Putra, H. D., & Purwasih, R. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Mahasiswa Melalui Project Based Learning. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 128. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p128-136.156

Spencer, J. N., & Moog, R. S. (2007). The Process Oriented Guided Inquiry Learning Approach to Teaching Physical Chemistry. https://doi.org/10.1021/bk-2008-0973.ch016

Vanags, T., Pammer, K., & Brinker, J. (2013). Process-oriented guided-inquiry learning improves long-term retention of information. American Journal of Physiology -Advances in Physiology Education. https://doi.org/10.1152/advan.00104.2012