Efektivitas Guided Note-Taking berbasis Digital terhadap Retensi Pengetahuan dan Writing Self-Efficacy Mahasiswa PGSD pada Pembelajaran Konsep Dasar IPA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi guided note-taking berbasis digital terhadap retensi pengetahuan dan writing self-efficacy mahasiswa PGSD pada pembelajaran Konsep Dasar IPA. Metode quasi experiment dengan pretest-posttest-retest design digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini,. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa guided note taking berbasis digital mengembangkan retensi pengetahuan sebagian besar siswa pada kategori baik. Strategi guided note taking dapat membantu mahasiswa calon guru SD untuk menyimpan informasi tentang konsep IPA. Pengujian statistik melalui independent-samples t-test menghasilkan Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi yang dihasilkan menunjukkan bahwa penerapan guided note taking berbasis digital melalui penggunaan Google Classroom efektif untuk membedakan writing self efficacy kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Proses review atau meninjau kembali catatan yang telah dibuat merupakan aspek kritis dalam proses penyimpanan informasi dan fitur assignment pada Google Classroom memfasilitasi proses tersebut menjadi lebih mudah. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi GNT yang berupa handout digital berbantuan Google Classroom memberi efek positif pada penampilan akademis siswa
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Duhon, C.A. (2015). Effect of Traditional versus Electronic Note Taking in High School Biology Classroom. Thesis : Lousiana State University. LSU Digital Commons.
Friedman, M.C. Notes on Note-Taking : Review of Research and Insight for Students and Instructors. Harvard University : Harvard Initiative for Learning and Teaching. [Online]. Tersedia : https://hilt.harvard.edu/files/hilt/files/notetaking_0.pdf (20 Agustus 2018)
Haydon, T., Mancil, R. Kroeger, S.D. & McLeskey, J. (2011). A Review of The Effectiveness of Guided Notes for Students who Struggle Learning Academic Content. Preventing School Failure, Vol. 55 (4), hlm. 226-231. doi: 10.1080/1045988X.2010.548415
Lawrin, K.H., & Lawrin, D.A. (2013). The impact of guided notes on post-secondary student achievement : A Meta-Analysis. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Vol. 25 (1), hlm. 47-58.
Mashhady, H., Fatollahi, M. & Pourgalavi, M. (2015). Self-Efficacy and Prediction of Note-taking Inclination among Undergraduate Translation Students. Theory and Practice in Language Studies, Vol. 5 (11), hlm. 2366-2372. Doi: http://dx.doi.org/10.17507//tpls.0511.22 (29 Juli 2018)
Oppenheimer, Daniel M., & Mueller, Pam A. (2012). “The Pen is Mightier than the Keyboard: Longhand and Laptop Note-taking.†PsycExtra Dataset.
Van Blankenstein, F.M., Saab, N. Van de Rijst, R.M. et al. (2018). How do Self-Efficacy beliefs for academic writing and collaboration and intrinsic motivation for academic writing and research develop during an-undergraduate research project? Educational Studies. Netherlands : Informa UK Limited. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1080/03055698.2018.1446326 (29 Juli 2018)
White, Justin. (2017). The Effects of Guided and Tradisional note taking on Student Achievement in an Eight Grade Social Studies Class. [Online]. Tersedia : https://mcstor.library.milligan.edu/bitstream/handle/11558/2490/White_Justin_20170602.pdf?sequence=1&isAllowed=y