Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Token Ekonomi untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa

Main Article Content

Leny Latifah
Khairul Bariyyah

Abstract

Sikap tanggung jawab akademik adalah suatu sikap yang penting dan harus dimiliki oleh mahasiswa saat ini sebagai penunjang dalam meningkatkan kualitas belajar. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk membantu mahasiswa meningkatkan sikap tanggung jawab akademik dengan menggunakan salah satu strategi layanan dalam bimbingan dan konseling, yaitu konseling kelompok dengan teknik token ekonomi. Penelitian ini termasuk quasi experimental dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Berdasarkan perbandingan pretest dan posttest diketahui bahwa delapan mahasiswa mengalami kenaikan sikap tanggung jawab akademik. Setelah pemberian treatment, subjek penelitian terlihat lebih berani mengungkapkan pendapat, lebih percaya diri untuk bertanya, lebih tanggap akan tugas yang diberikan, serta mampu menyampaikan dan melaksanakan komitmen untuk memperbaiki diri. Selain itu ketepatan pelatih dalam penerapan langkah-langkah pelaksanaan token ekonomi dan kesesuaian dalam pemberian hadiah menjadikan faktor meningkatnya sikap tanggung jawab akademik. Dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok teknik token ekonomi efektif untuk meningkatkan sikap tanggung jawab akademik mahasiswa program studi bimbingan dan konseling.

Article Details

How to Cite
Latifah, L., & Bariyyah, K. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Token Ekonomi untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 51–56. https://doi.org/10.21067/jip.v10i1.4135
Section
Articles