Kompleksitas dan Determinasi Luaran Pembelajaran pada Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas 4 Sekolah Dasar Tema 2

Main Article Content

Arif Wiyat Purnanto
Putri Meinita Triana
Laili Etika Rahmawati
Dawid Michal Gajewski

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan pedoman utama dalam pendidikan dan pengembangan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kompleksitas pertanyaan dalam buku teks elektronik kurikulum 2013 kelas IV SD tema 2 dan menganalisis target luaran pengembangan kognitif siswa. Buku teks yang dikaji yaitu buku teks elektronik terbitan tahun 2017 yang dapat diakses pada halaman https://bukusekolahdigital.com. Penelitian dilakukan secara deskriptif eksploratif. Penelitian dilakukan denga mengidentifikasi kata kerja dan mengelompokkannya sesuai dengan taksonomi Bloom. Tingkat kompleksitas dinilai berdasarkan jumlah level kognitif dalam setiap pertanyaan, sedangkan luaran pengembangan kognitif dinilai berdasarkan kata kerja yang paling sering muncul dari seluruh item pertanyaan. Analisis statistik dilakukan dengan chi-square dan korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompleksitas soal yang terdapat pada buku teks elektronik kurikulum 2013 untuk kelas IV SD tema 2 termasuk dalam kategori sedang dengan dominasi kognitif level C3 dan C4. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa proporsi soal untuk setiap level kognitif dan proporsi tingkat kompleksitas soal tidak menyebar secara merata. Analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara proporsi jumlah soal berdasarkan target kognitif dan tingkat kompleksitas. Analisis korelasi menunjukkan bahwa jumlah kata kerja yang teridentifikasi berkaitan erat dengan jumlah pertanyaan dalam setiap level kognitif. Analisis terhadap target luaran pembelajaran pada buku teks kelas IV tema 2 lebih terfokus pada level kognitif C5 dengan proses kognitif berupa “menyimpulkanâ€. Peningkatan kualitas buku teks diperlukan untuk mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa.

Article Details

How to Cite
Purnanto, A. W., Triana, P. M., Rahmawati, L. E., & Gajewski, D. M. (2020). Kompleksitas dan Determinasi Luaran Pembelajaran pada Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas 4 Sekolah Dasar Tema 2. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 41–50. https://doi.org/10.21067/jip.v10i1.4137
Section
Articles