Evaluasi Kinerja Guru Non PNS di SMK Negeri 1 Pabelan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru non-PNS di SMK Negeri 1 Pabelan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang menilai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional guru. Subyek penelitian ini adalah 7 guru non-PNS di SMK Negeri 1 Pabelan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, observasi dan studi dokumen. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru non-PNS SMK Negeri 1 Pabelan memperoleh skor rata-rata 79,88 dalam kategori baik; (2) Kompetensi kepribadian guru non-PNS SMK Negeri 1 Pabelan memperoleh skor rata-rata 84,48 dalam kategori baik; (3) kompetensi sosial guru non-PNS SMK Negeri 1 Pabelan memperoleh skor rata-rata 73,21 dalam kategori cukup baik; (4) Kompetensi sosial guru non-PNS SMK Negeri 1 Pabelan memperoleh skor rata-rata 72,44 dalam kategori cukup baik. Hasil PKG secara keseluruhan memperoleh rata-rata 78,19 yang menyatakan bahwa kompetensi guru non-PNS SMK Negeri 1 Pabelan dalam kategori yang baik.
Kata Kunci : Evaluasi, Kinerja Guru, Model PKG, SMK Negeri 1 Pabelan
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Cahyotlogo, B. D., & Jumadi. (2017). Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Sosial Guru FisikaSMA di Kabupaten Kulon Progo Pascasertifikasi. Jurnal Fisika dan Keilmuan (JPFK) Vol 3 No 2 September , 96-109.
Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 7 No 2 Nopember, 51-57.
Elliott, K. (2015). Teacher Performance Apprasial: More About Performance or Development. Australian Journal ofTeacher Education Vol 40 No. 9 September, 102-116.
Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality,Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal of Engineering And Science (IJES) Vo;. 4 Issu 2, 1-12.
Kartono, A. I., & Slameto. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikai. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 3 No. 2 Juli-Desember, 219-229.
Mulyasa, E. (2015). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Normawati, S., Anwar, S., & Indramaya, S. (2019). Etika dan Profesi Guru. Riau: PT. Indragiri Dot Com.
Nugroho, N. T., Rohiat, & Djuwita, P. (2017). Kinerja Guru Honorer Dalam Pembelajaran Di SMP. Manajer Pendidikan Vol 11 No. 1 Maret, 8-19.
Oktriany, W. H., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2018). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi Dengan Model Charlotte Danielson. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 5 No. 1 Januari-Juni, 24-36.
Sa'adah, N., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. (2018). Studi Komparatif tentang Perbedaan Kinerja Guru PKN PNS dengan NON PNS (Studi pada SMP Di Kota Singaraja). e-Journal Program Sarjana 1 Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendiidkan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1-10.
Sagala, S. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suryadi, R. A., & Mushlih, A. (2019). Desain dan Perencaaan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Tjabolo, S. A., & Otaya, L. G. (2019). The Evaluation Of Islamic Education Teachers’ PEerformance. Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 1, 25-38.
Widarsih, R., & Faraz, N. J. (2016). Evaluasi Kinerja Guru IPS SMP Berdasarkan Standar Kompetensi Guru di Kabupaten Kebumen. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Vol 3 No 2 September, 177-187.
Widjajanti, R., & Sulasmono, B. S. (2015). Evaluasi Manajemen Berbass Sekolah (MBS) Di SMP Negeri Boja Kabupaten Kendal. Kelola Jurnal Manajemen PendidikanVol 1 No 2 Juli-Desember, 139-150.