Pembelajaran Tematik Berbasis Etnosains Dalam Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran Tematik Berbasis Etnosains dalam menumbuhkan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (reserach and development). Produk yang dihasilkan melalui penelitian ini adalah pembelajaran tematik berbasis etnosains yang mampu meningkakan literasi budaya dan kewargaan. Berdasarkan hasil anlisis data diketahui bahwa produk hasil pengembagan memiliki skor > 80 yang berada pada kategori valid berdasar penilaian ahli. Hasil implmentasi produk menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan mampu meningkatkan literasi budaya dan kewargaan dengan N gian sebesar 0,49 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil angket ketepatan pembelajaran diketahui bahwa sebesar 82,50 % siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran tematik berbasis etnosains. Produk penelitian ini mampu meningkatkan literasi budaya dan kewargaan siswa karena dalam pembelajaran ini menginterasikan budaya ke dalam tema pembelajaran sehingga membuat siswa mengetahui secara mendalam bahwa terdapat keterhubungan kaitan antara budaya dan tema pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini memiliki tingkat kevalidan yang baik, efektif dalam meningkatkan literasi budaya dan kewargaan serta mampu diterapkan dengan baik dalam proses pembelajaran di kelas.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001
Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279–287. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19261
Hadi, W. P., Sari, F. P., Sugiarto, A., & Mawaddah, W. (2019). Madura Shrimp Paste : Study of Ethnoscience in Science Learning to Improve Student ’ s Local Wisdom and Character. 10(1), 45–55.
Hasnadi. (2019). Membangun Budaya Literasi Informasi pada Perguruan Tinggi. 610–620.
Hastuti, P. W., Setianingsih, W., & Widodo, E. (2019). Integrating Inquiry Based Learning and Ethnoscience to Enhance Students’ Scientific Skills and Science Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012059
Irawan, B., & Muhartati, E. (2019). Identifikasi Nilai Etnosains pada Kearifan Lokal Berkarang dan Menyondong Ikan Pada Masyarakat Pesisir Bintan. Pedagogi Hayati, 3(1), 53–58. https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1595
Motors, G., & Europe, W. (2016). No 主観的å¥康感をä¸Â心ã¨ã—ãŸ在宅高齢者ã«ãŠã‘る å¥康関連指標ã«関ã™る共分散構造分æžÂTitle. June, 12–15.
Paul M. Muchinsky. (2012). 済無No Title No Title. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pertiwi, U. D., Yatti, U., & Firdausi, R. (2011). BERBASIS ETNOSAINS FULL TEXT : 2(2014), 2–3.
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Purnama, H. I., Marzuki, & Utami, S. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Melalui Program Literasi Dasar di Sekolah Dasar Negeri Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7/3, 13. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/24722/75676576203
Saepudin, E., Damayani, N. A., & Rusmana, A. (2018). Model literasi budaya masyarakat Tatar Karang di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(1), 1. https://doi.org/10.22146/bip.33315
Saleem, A., & Ilyas, M. (2019). Goals of teaching literature: Literacy, liberalism and global citizenship. International Journal of English Language and Literature Studies, 8(2), 78–86. https://doi.org/10.18488/journal.23.2019.82.78.86
Septiani, D. W., & Maftuh, B. (n.d.). Application of Problem Based Learning ( PBL ) Model to Improve Cultural Literacy Capabilities of Elementary School Students. 2.
Setyaningsih, R. (2017). Model Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Kampung Dongkelan Kauman Daerah Istimewa Yogyakarta. Komuniti, 9(2), 118–125.
Sinta, T., Azalia, I., & Wisnuadi, A. (2020). International Journal of Active Learning The Effects of Ethnoscience Integrated STEM E-Book Application on Student ’ s Science Generic Skills in Chemical Equilibrium Topic. 5(1), 19–25.
Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492–499. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.17546
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 15(2010), 90.
Triyono, T. (2019). Pentingnya Literasi Budaya di Desa Seni Jurang Blimbing. Anuva, 3(1), 77–85. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/anuva.3.1.77-85
Tulu, G., Tolosa, T., & Page, L. (2019). Methodological Flaws: A Review of Sample Masters Theses. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 31(1), 1–14. https://doi.org/10.9734/jesbs/2019/v31i130140
Utami, A. U., & Murti, S. C. C. (2019). Peningkatan Literasi Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Scientific Approach. ScienceEdu, 50. https://doi.org/10.19184/se.v1i1.9493
Widiyatmoko, D. (n.d.). Keefektifan penggunaan teknologi ...(Deni Widiyatmoko) 703. 703–712.
Yue, A., Nekmat, E., & Beta, A. R. (2019). Digital literacy through digital citizenship: Online civic participation and public opinion evaluation of youth minorities in Southeast Asia. Media and Communication, 7(2 Critical Perspectives), 100–114. https://doi.org/10.17645/mac.v7i2.1899