Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Daring

Main Article Content

Sri Mahendra Satria Wirawan
Helena Ras Ulina Sembiring

Abstract

Infeksi Covid 19 yang mengakibatkan masyarakat beraktivitas secara terbatas, telah diantisipasi oleh pemeritah dengan kebijakan program pelatihan secara daring. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2020 untuk pertama kalinya melaksanakan program Pelatihan Kepemimpinan Administrator secara daring. Untuk itu, dalam rangka pengembangannya, dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Adminstrator secara daring agar hasilnya dapat menjadi masukan untuk program pelatihan daring selanjutnya. Metode Kirkpatrick yang dipadukan dengan uji statistik digunakan untuk menilai reaksi dan hasil belajar peserta. Disamping itu, peserta juga membandingkan pelatihan yang dilakukan secara daring dibandingkan dengan klasikal. Hasil Analisa menujukkan bahwa tingkat reaksi peserta berupa tingkat kepuasan peserta yang diukur berdasarakan kriteria penilaian dari Lembaga Administrasi Negara terhadap para pengampu seluruh agenda pelatihan berada pada kategori “sangat memuaskanâ€. Terhadap penyelenggaraan, penilaian peserta berada pada kategori “memuaskanâ€. Untuk evaluasi belajar, berdasarkan nilai pretest dan posttest, dihasilkan bahwa terdapat peningkatan nilai yang signifikan sebelum dan sesudah menerima materi agenda pelatihan. Efektifitas dan efisiensi pelatihan secara daring dinilai oleh lebih banyak peserta sama saja dibandingkan dengan pelaksanaan pelatihan secara klasikal. Namun lebih banyak peserta yang menyukai pelatihan daring dibandingkan dengan pelatihan klasikal.

Article Details

How to Cite
Satria Wirawan, S. M., & Sembiring, H. R. U. . (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Daring. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(1), 19–27. https://doi.org/10.21067/jip.v11i1.5057
Section
Articles

References

Amaluis, D. 2014. Analisis Efektifitas Program Pelatihan Diklat Pim III Terhadap Kompetensi Pejabat Eselon III di Pemerintah Kabupaten Agam. Journal Economica. 3(1): 18-26. http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/economica/article/view/ 232. DOI 10.22202/ economica.2014.v3.i1.232
Aminah, H. 2015. Model Evaluasi Kirikpatrick Dan Aplikasinya Dalam Pelaksanaan Pelatihan (Level Reaksi dan Pembelajaran) Di Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Perum Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. 6(1):376-394. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/ view/540/467
Anthony, William, P., Kacmar, Michelle, K., Perrewe, Pamela, L. 2009. Human Resource Management: A Strategic Approach (6th Edition). Cengage Learning.
Aryadoust, V. 2017. Adapting Levels 1 and 2 of Kirkpatrick’s model of training evaluation to examine the effectiveness of a tertiary-level writing course. Pedagogies: An International Journal. 12(2):151-179. https://doi.org/10.1080/ 1554480X.2016.1242426
Badu, Q.S. 2012. Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan – Uiniversitas Negeri Yogyakarta. 16(Edisi Dies Natalis ke-48 UNY):102-129. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/ view/1108/890
Budhianto, B. 2020. Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Di Kementerian Pertanian Berdasarkan Level 1 dan Level 2 Kirkpatrick’s Evaluation Model. Jurnal AgriWidya – Kementerian Pertanian. 1(3):37-51. http://repository. pertanian.go.id/bitstream/handle/123456789/10222/Evaluasi%20Pelaksanaan%20Pelatihan%20Kepemimpinan%20Adminiatrator%20%28PKA%29%20di%20Kementan%20berdasarkan%20level%201%20dan%20level%202%20Kirck%20Patrick%27s%20evaluation%20model.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Fraenkel, J.L., Wallen, N.E., Hyun, H.H. 2012. How to design and evaluate research in education, eighth edition. New York: Mc Graw Hill.
Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP: Semarang.
Ghozali, I. dan Castellan. 2002. Statistik Non.Parametrik: Badan Penerbit UNDIP: Semarang.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.01.07/MENKES/104/2020 tentang Penetapan Infeksi Corona Virus (Infeksi Covid-19) Sebagai Penyakit yang Dapat Menimbulkan Wabah.
Kirkpatrick, Donald. 1998. Evaluating Training Programs. San Francisco: Berret-Koehler Publisher.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2019.Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 1007/K.1/PDP.07/2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2019. Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 1008/K.1/PDP.07/2019 tentang Kurikulum Pelatihan Kepemimpinan Administrator
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor: 7/K.1/HKM.02.3/2020 tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penularan Infeksi Corona Virus (Infeksi Covid -19) dalam Penyelenggaraan Pelatihan.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor: 8/K.1/HKM.02.3/2020 tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penularan Infeksi Corona Virus (Infeksi Covid -19) dalam Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil, dan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil.
Pratama, A. 2016. Model Simulasi Antrian Dengan Metode Kolmogorov-Smirnov Normal Pada Unit Pelayanan. Jurnal Edik Informatika. Jurnal Edik Informatika. 3(1):27-37.
Putri, R.D. 2020. Perbandingan Kekuatan Uji Metode Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk Untuk Menguji Normalitas. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Rahmanissa, U., Wahyu Indianti, W. 2019. Efektivitas Program Peningkatan Keterampilan Dukungan Kemandirian Pada Pengasuh Toddler di TPA X, Jurnal Psikologi Sains dan Profesi – Unpad. 3(3): 188-194. http://jurnal.unpad.ac.id/jpsp/article/view/24106
Rukmi, H.S., Novirani, D., Sahrul, A. 2009. Evaluasi Training Dengan Menggunakan Model Kirkpatrick (Studi Kasus Training Foreman Development Program di PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon). Proceeding 5th Industrial Engineering conference.131-138. http://lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2014/03/07-Evaluasi-Training.pdf
Solidayah, W., Sunendiari, S., Wachidah, L. 2015. Uji Modifikasi Peringkat Bertanda Wilcoxon Untuk Masalah Dua Sampel Berpasangan. Prosiding Statistika – Universitas Islam Bandung. 1(2):19-26. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/statistika/article/view /2219/pdf
Sudradjat, E., Saleh, C., Soeprapto, H.R.R. (20100). Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Sebagai Strategi Pengembangan Sumberdaya Aparatur Untuk Meningkatkan Kinerja (Suatu Kajian di Pemerintahan Daerah Kabupaten Ketapang). Jurnal Wacana – Universitas Brawijaya. 13(1):166-184. https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/ article/view/192
Suryanto, A. 2018. Strategi Peningkatan Efektifitas Pelatihan Kepemimpinan: Telaah Teoretis dan Empiris. Jurnal Borneo Administrator. 14: 69-86. https://www.samarinda.lan.go. id/jba/index.php/jba/article/view/337/258
Yusuf, F. 2018. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan – Universitas Islam Negeri Banjarmasin. 7(1):17-23, https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/view/2100/1544
Thorndike, E., & Hagen, H.P. 1977, Measurement and Evaluation in Psychology and Education. New York: John Wiley.