Efektivitas Media Pembelajaran Geogebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Calon Guru Sekolah Dasar

Main Article Content

Latri Latri
Agusalim Juhari
Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien
Hartoto Hartoto

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana tingkat efektivitas pemanfaatan media pembelajaran GeoGebra dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri mahasiswa calon guru Sekolah Dasar. Model belajar yang yang digunakan adalah model belajar dalam jaringan (daring) guna mencegah penyebaran Covid 19. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar dalam bentuk online-form. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata skor hasil belajar (posttest) mencapai 83,80 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 5,87. Peningkatan hasil belajar berada pada kategori minimal sedang dengan rata-rata mencapai 0,66 dari skor ideal 1, (2) Rata-rata persentase aktivitas mahasiswa calon guru SD berada diatas 80% yakni sebesar 85,45% menunjukkan bahwa mahasiswa terlibat aktif selama proses pembelajaran geometri dengan menggunakan Media Pembelajaran GeoGebra, (3) Respons mahasiswa berada pada kategori cenderung positif dengan skor rata-rata siswa mencapai 3,47 dari skor ideal  4, dan (4) Media Pembelajaran GeoGebra efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Geometri Calon Guru SD.

Article Details

How to Cite
Latri, L., Juhari, A. ., Hermuttaqien, B. P. F. ., & Hartoto, H. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Geogebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 169–179. https://doi.org/10.21067/jip.v10i2.5106
Section
Articles

References

Akhirni, A., & Mahmudi, A. (2015). Pengaruh pemanfaatan cabri 3D dan geogebra pada pembelajaran geometri ditinjau dari hasil belajar dan motivasi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 91–100.

Aras, L., & Juhari, A. (2020). The Influence of REACT learning strategies on mathematics learning outcomes and learning activities of fifth grade students at SDN Lariangbangi Makassar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(1), 32–39.

Farihah, U. (2015). Pengaruh program interaktif Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik persamaan garis lurus. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1(1), 11–23.

Fitriani, F., Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

GeoGebra | Free Math Apps—Used by over 100 Million Students & Teachers Worldwide. (n.d.). Retrieved August 25, 2020, from https://www.geogebra.org/

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008). Teaching and learning calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra. 11th International Congress on Mathematical Education. Monterrey, Nuevo Leon, Mexico.

Irianto, M. S. Q., & Nur, A. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 001–009.

Komalasari, K. P. K., & Kontekstual, P. (2013). Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT. Refika Aditama.

Latri, L., Nonci, J., & Juhari, A. (2019, December 4). The Development of Elementary School Mathematics Learning Packages assisted by Manipulative Media: Supporting Qualified and Creative Primary Teacher Candidate Programs. Proceedings of the 1st International Conference of Science and Technology in Elementary Education, ICSTEE 2019, 14 September, Makassar, South Sulawesi, Indonesia. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.14-9-2019.2290052

Maarif, S. (2015). Pembelajaran Geometri Berbantu Cabri II Plus (Panduan Praktis Mengembangkan Kemampuan Matematis). Jakarta: In Media.

Sugiarto, W. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Materi Komposisi Transformasi. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 42–48.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sujiono, B., & Sujiono, Y. N. (2005). Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Widyaningrum, Y. T., & Murwanintyas, C. E. (2012). Pengaruh media pembelajaran geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik fungsi kuadrat di kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Pada Tanggal, 10.