Pengembangan Flipbook Sistem Komputer Menggunakan Virtual Library Multiplatform bagi Siswa SMK

Main Article Content

ahmad syafii

Abstract

Penelitan pengembangan ini bertujuan untuk menguji kelayakan flipbook sebagai bahan ajar mata pelajaran sistem komputer menggunakan virtual library multiplatform untuk menemukan dan mengakses flipbook melalui gawai masing-masing siswa. Dengan uji validasi ahli media, ahli isi, teman sejawat serta uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, flipbook diharapkan menjadi inovasi pendidikan yang tepat pada abad 21 saat ini. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model pengembangan Dick And Carey. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X bertempat di SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan Sidoarjo jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Hasil validasi ahli media dari uji kelayakan flipbook mata pelajaran sistem komputer menggunakan virtual library multiplatform rata-rata 91,6%, sedangkan untuk hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 90,9%. Pada hasil uji kelayakan yang didapat dari teman sejawat dengan rata-rata 90% selanjutnya dilakukan pengujian satu-satu (perorangan) dengan hasil rata-rata 85%, pada pengujian kelompok kecil memperoleh rata-rata 88,5%, dan pada pengujian kelompok besar memperoleh 91,16%. Berdasarkan validasi dan uji coba yang telah dilakukan maka flipbook pada mata pelajaran sistem komputer dengan menggunakan virtual library multiplatform ini layak digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
syafii, ahmad. (2022). Pengembangan Flipbook Sistem Komputer Menggunakan Virtual Library Multiplatform bagi Siswa SMK. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(2), 122–131. https://doi.org/10.21067/jip.v11i2.5301
Section
Articles

References

Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). The Development of Digital Flipbook Media Based on the 5 Hours Battle of Kalianda upon High School History Materials. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1003–1012. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.930
Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730
Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. (2018). Developing flipbook multimedia: The achievement of informal deductive thinking level. Journal on Mathematics Education, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238
Arifitama, B. (2018). Bahan Ajar Flipbook online mata kuliah PTI Online Flipbook Teaching Materials on PTI with Augmented Reality Approach. Jurnal Teknodik, 22(1), 1–10.
Fatiru;Noor;Ahmad, L. (2020). Disain Pengembangan Instruksional (Wiryokusumo;Iskandar (ed.); 2020th ed.). Adibuana Universitas Press.
Fatirul, noor, A., & Rufii. (2020). Evaluasi Dan Pengukuran (Wiryokusumo;Iskandar (ed.); 2020th ed.). Adibuana Universitas Press.
Hidayati, A., Rufi’i, & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Buku Ajar IPA Kelas VI untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 106. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.5628
I made, T., I, N. J., & Ketut, P. (2014). Model Penelitian Pengembangan (Pertama). Graha Ilmu.
Khoe, Y. (2017). Desain Instruksional perbandingan Model dan Impelementasinya (Venan (ed.)). Andi Publisher.
Lubis, N. R. A. (2017). Imaji “virtual library” jendela perpustakaan. PARI, 3, 119–123.
Mursanti, A. E., & Fatirul, A. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dasar Tata Rias Wajah untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) Tata Rias. Edcomtech, 5, 76–87.
Murti, Sri, M. (2019). Pengembangan LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Tugumulyo. Journal Universitas Bengkulu, 256–264. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Mustaji, & Sujarwanto. (2015). Pengembangan bahan ajar mata kuliah desain pembelajaran. Universitas Negeri Surabaya, 151(2), 10–17.
Ni’matullah, Onik, F. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI SMA/MA KELAS XII PADA KOMPETENSI DASAR POLA KERUANGAN DESA DAN KOTA DENGAN MODEL DICK AND CAREY. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang Dilakukan, 6(1), 819–826.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Diva Press).
Rifai, A. (2014). Media Teknologi. Universitas Terbuka.
S.Eko Putro, W. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (Delapan). Pustaka Pelajar.
Solikhatun, R., & Widihastrini, F. (2017). the Development of Interactive Flipbook-Formed Teaching Material To Improve the of Grade 4 Students ’ Social Science Learning Outcomes. Journal Negeri Semarang, 83–89. 10.15294/est.v2i2.16802
Sugito, W. (2019). Organisasi Sumber Belajar (2019th ed.). Adibuana Universitas Press.
Sungkono, S. (2009). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).
Walter Dick, Lou Carey, J. O. C. (2015). The Sytematic Design Of Instruction (8th ed.). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Wibowo, M. H., & Purnamasari, N. L. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Gaya Belajar Visual Siswa Kelas X Tki Smkn 1 Boyolangu. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3, 22–29.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Anugrah Utama Raharja.