Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemrograman Web untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Main Article Content
Abstract
Pemrograman Web merupakan mata pelajaran wajib bagi SMK kompetensi RPL, supaya mereka mempunyai bekal pengetahuan, ketrampilan dan keahlian yang memadai untuk diterapkan dalam dunia usaha dan industri. Namun dalam kenyataannya proses pembelajaran yang dilakukan masih komunikasi satu arah, menggunakan metode ceramah, menggunakan modul dan jobsheet. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif pemrograman web yang valid digunakan dalam mata pelajaran Pemrograman Web, dimana siswa bisa belajar secara mandiri dan tidak membosankan karena adanya interaksi melalui video pembelajaran, animasi, gambar, link materi di internet serta soal interaktif sehingga pembelajaran bisa menyenangkan. Model pengembangan Mulimedia Interaktif ini menggunakan model Lee dan Owens. Produk Multimedia Interaktif ini telah divalidasi oleh ahli materi/isi, ahli media serta telah diujikan kepada siswa dengan hasil validasi ahli isi 95,5%, validasi ahli media 92%, uji satu satu (perorangan) 95,5%, uji kelompok kecil 94,4% dan uji kelompok besar 94,5%. Berdasarkan validasi dan uji coba yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Interakrif Pemrograman Web valid dan layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â
References
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Gava Media.
Handayani, E. S., Sikhabuden, & Praherdhiono, H. (2010). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SENI TARI JAWA TIMUR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KARANGAN Sary Nur Handayani 1 , Sihkabuden 2 , Henry Praherdhiono 3. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.
Herdiyanto, D., Sulton, S., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Tema Tanah bagi Siswa Tunagrahita. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 88–96. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p088
Hidayati, A., Rufi’i, R., & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Buku Ajar IPA Kelas VI untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 106. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.5628
I made, T., I, N. J., & Ketut, P. (2014). Model Penelitian Pengembangan (Pertama). Graha Ilmu.
Kurniawan, M. F. T., & Rohmani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 72–77. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/index
Mustaji; Sujarwanto. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATAKULIAH DESAIN PEMBELAJARAN. Universitas Negeri Surabaya.
Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan (JKTP) Universitas Negeri Malang, 1(3), 257–263. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/5770
Rahardjo, T., Degeng, N., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 195–202. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p195
Rizal, S., Toenlioe, A., & Sulthoni, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Pergaulan Bebas Dan Zina Untuk Kelas X Sman 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p001
Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068
Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif (pertama). UNY Press.
Walter Dick, Lou Carey, J. O. C. (2015). The Sytematic Design Of Instruction (8th ed.). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Yuniasih NAini RWidowati R. (2018). View of Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang.pdf. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2, 85–94. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647
Yunita, R., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Fotosintesis untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 284–289. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p284
Yusuf Arifin, 1, Setyosari, P., 2, Ulfa, S., & 3. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SANDI MORSE DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN BAGI SISWA KELAS V. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 115–122.
Yusuf, M. F., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA Materi Atmosfer Bumi Kelas VIII SMPN 3 Tulungagung. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–40. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2075