ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DI SDN TANJUNGREJO 1 MALANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di SDN Tanjungrejo 1 Malang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I dan IV SDN Tanjungrejo 1 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.  Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik telah dilaksanakan dengan baik oleh guru kelas 1 dan guru kelas 4 SDN Tanjungrejo 1 Malang. Hal ini terbukti dengan cara guru mengelola metode saintifik tidak berurutan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga pembelajaran tidak terkesan sempit dan kaku. Kemampuan berpikir ilmiah siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam menalar, menemukan, menciptakan, hingga mengkomunikasikan suatu karya. Sehingga dapat disimpulkan kreatifitas guru yang menentukan keberhasilan pembelajaran dengan pendekatan saintifik ini. Disarankan kepada guru untuk mengembangkan kreatifitas terutama dalam mengelola metode pembelajaran, agar pembelajaran dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik ini menjadi pembelajaran yang bermakna.
Kata kunci: Pendekatan saintifik, Kurikulum 2013Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â