HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI I GRATI

Main Article Content

Ch Erghiezha Ninuk Indrati K
Prisca Aini Sofianuddin

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan memotifasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati (mood), berempati serta kemampuan bekerja sama. Siswa mempunyai perasaan yang lebih positip tentang diri sendiri, sekolah dan keluarga. Individu mampu memahami penyebab perasaan yang timbul, mengenali perbedaan perasaan dengan tindakan. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai individu dalam penguasaan pengetahuan dan ketrampilan yang dikembangkan dalam pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan tes angka nilai yang diberikan oleh guru. Prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai individu. Maka prestasi belajar adalah hasil maksimum yang dicapai seseorang    tingkat prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Grati. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri1 Grati sebanyak 282. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan  teknik Purposive samping sebanyak 142 responden. Teknik pengumpulan data kecerdasan emosional menggunakan sklala kecerdasan emosional dan pengumpulan data prestasi belajar siswa diperoleh dari dokumentasi berupa nilai rata-rata semester genap 2012/2013. Analisa data menggunakan Rank Sperman. Berdasarkan hasil analisis data dari skala kecerdasan emosional diketahui gambaran kecerdasan emosional dari 142 responden, 39 responden memiliki tingkat kecerdasn emosional sangat tinggi atau sebanyak 27.46%, 80 responden memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi atau sebanyak 56.34%, sedangkan 21 responden memiliki tingkat kecerdasan emosional rendah atau sebanyak 14.47% dan 2 siswa memiliki tinkat kecerdasan emosional sangat rendah atau sebanyak 1.41%.          Dan hasil prestasi belajar yang diambil dari nilai rata-rata siswa semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 142 reponden, menunjukkan 25 siswa memiliki prestasi belajar yang sangat baik (17.61%), 81 siswa memiliki prestasi belajar yang sangat baik (57.04%), 36 siswa memiliki prestasi belajar yang kurang (25.35%) dan tidak ada siswa yang memiliki prestasi belajar sangat kurang.

           

Kata Kunci : Kecerdasan Emosioal, Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Indrati K, C. E. N., & Sofianuddin, P. A. (2015). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI I GRATI. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 603–609. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.692
Section
Articles