URGENCY OF MEDIA BASED LEARNING ENTREPRENEURSHIP IN PRIMARY LEVEL

Main Article Content

Yulianti Yulianti
Hartatik Hartatik

Abstract

Media pembelajaran sebagai alat untuk mengantarkan kemampuan siswa dalam mengapresiasikan sejumlah kemampuan, pengetahuan dan sikapnya dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari dalam proses pembelajaran. Setiap anak memiliki kemampuan yang bervariasi dalam belajar. Hal ini karena latar belakang siswa akibat adanya faktor internal maupun eksternal penyebab kendala anak belajar. Sebagai contoh ada beberapa anak kesulitan untukbisa konsentrasi dalam belajar karena faktor keturunan yaitu keterbelakangan mental orang tuanya sehingga dimungkinkan dapat mempengaruhi totalitas belajar siswa. Selain itu, tuntutan keluarga secara psikologis juga kekurangan gizi nutrisi makanan juga akan mempengaruhi belajar anak. Dan yang menjadi prioritas kegagalan pelaksanaan pembelajaran karena guru atau tenaga pendidik kurang memaksimalkan menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk melatih dan mengasah kemampuan kewirausahaan, yang nantinya dapat memberi wawasan kemandirian siswa dalam terjun di masyarakat nanti. Pada masa modern ini sangat dibutuhkan media pembelajaran yang dapat mengantarkan pemahaman anak dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam proses pembelajaran baik di kelas, di rumah maupun di mana mereka beraktivitas nantinya, sebagai salah satu alternatif media yang digunakan adalah media berbasis entreprenership. Media ini menawarkan bagaimana siswa bisa melatih tanggung jawab diri, kemandirian menanggung resiko, punya komitmen tinggi untuk mengejar cita-citanya. Harapannya anak-anak sekolah dasar tidak hanya mampu dalam pengetahuan kognitif saja akan tetapi mereka dapat memiliki kemampuan dan sikap yang baik dan siap menyongsong masa depannya di masa depan nanti.

 

Kata Kunci: Media Based Learning Entrepreneurship

Article Details

How to Cite
Yulianti, Y., & Hartatik, H. (2015). URGENCY OF MEDIA BASED LEARNING ENTREPRENEURSHIP IN PRIMARY LEVEL. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 633–636. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.696
Section
Articles