PENGEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MEMBENTUK MODEL MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

Main Article Content

Nur Farida

Abstract

Pemahaman terhadap matematika, dari kemampuan yang bersifat keahlian sampai kepada
pemahaman yang bersifat apresiatif akan berhasil mengembangkan kemampuan sains dan
teknologi yang cukup tinggi. Proses pembelajaran membutuhkan metode yang tepat. Kesalahan
menggunakan metode dapat menghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Dampak
lain adalah rendahnya kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini
disebabkan karena dalam proses siswa kurang dilibatkan dalam situasi optimal untuk belajar,
pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan klasikal. Selain itu siswa kurang dilatih untuk
menganalisis permasalahan matematika, jarang sekali siswa menyampaikan ide untuk menjawab
pertanyaan bagaimana proses penyelesaian soal yang dilontarkan guru. Pemecahan masalah
dibangun oleh konsep-konsep pemecahan dan pemecahan masalah. Masalah (problem) adalah
suatu situasi yang tak jelas jalan pemecahannya yang mengkonfrontasikan individu atau kelompok
untuk. Berdasarkan hasil tes 1 diperoleh persentase 77,39% dengan kriteria cukup. Sedangkan
hasil tes 2 diperoleh persentase 83,04% dengan kriteria baik. Dari hasil tersebut, maka dapat
dikatakan bahwa proses penelitian melalui strategi inquiry dengan pemecahan masalah sudah
berhasil, sehingga proses penelitian sudah selesai.

Kata Kunci: Pemahaman konsep, pemecahan masalah, strategi inquiry, model matematika

Article Details

How to Cite
Farida, N. (2015). PENGEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MEMBENTUK MODEL MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 663–669. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.801
Section
Articles